Seksi Bimas Islam Akan Adakan Kegiatan Mushabaqah Qiraatul Kutub Tahun 2013

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Karimun (kanan) Drs. Kholif Ihda Rifai
Kemenag Kab. Karimun - Dalam rangka mengembangkan kemampuan membaca kitab bagi Kepala KUA Kecamatan dan Penghulu yang ada di Kabupaten Karimun, maka pada tahun ini kembali Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kabupaten Karimun akan mengadakan kegiatan Mushabaqah Qiraatul Qutub. Kegiatan ini akan diikuti oleh  Kepala KUA dan Penghulu Se-Kabupaten Karimun pada hari Sabtu (08/06/2013).

"Insya Allah, jika tidak ada kendala, kegiatan Mushabaqah Qiraatul Qutub bagi Kepala KUA dan Penghulu Se-Kabupaten Karimun untuk tahun anggaran 2013 ini akan didakan pada hari Sabtu, tanggal 08 Juni 2013 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun. Kegiatan akan dimulai sekitar pukul 8.00 WIB sampai selesai." ungkap Drs. Kholif Ihda Rifai via telpon saat dikonfirmasi.

Adapun dasar dari pelaksanaan kegaitan Musabaqah Qiraatul Qutub ini seperti dijelaskan oleh salah satu staff Bimas Islam saudara Mulyadi adalah Surat Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat islam Nomor: Dj.II.2/1/KP.06/2284/2010 tanggal 18 November 2010 tentang Pedoman Teknis Mushabaqah Baca Kitab Bagi Kepala KUA, Keputusan Menteri Agama Nomor 477 tahun 2004 tentang KUA Percontohan dan DIPA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Tahun 2013 nomor: 025-03.2.635448/2013 tanggal 05 Desember 2012.

"Berdasarkan SK yang dikeluarkan oleh Kepala Kantor Kemneterian Agama Kabupaten Karimun, maka tugas kepanitian adalah merencanakan pelaksanaan kegiatan, mempersiapkan kelengkapan kegiatan dan melakukan evaluasi dan pelaporan dari kegiatan Musabaqah Qiraatul Qutub ini," jelas Anasril, S.Ag salah satu panitia kegiatan musabaqah Qiraatul Kutub saat ditanyai mengenai tugas panitia.

 Dari keterangan saudara Anasril, S.Ag. juga diketahui bahwa Dewan Hakim yang ditunjuk untuk melakukan pengetesan kepada peserta Musabaqah Qiraatul Qutub adalah
1. Drs. H. Samsusin, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah sebagai Ketua Dewan Hakim
2. Muhamad Samsul Arif, S.Hi  sebagai Sekretaris Dewan Hakim
3. Adi Satria, S.Ag sebagai Anggota Dewan Hakim
4. Muliadi, S.Ap sebagai Anggota Dewan Hakim
5. Wibowo, A.MA sebagai Anggota Dewan Hakim

Adapun Peserta yang akan mengikuti Musabaqah Qiraatul Qutubini adalah:
1. H. Muhamad Yusuf HS. S.Ag Ka. KUA Karimun
2. Drs. Supardi Ka. KUA Kundur
3. Usman, S.Ag Ka. KUA Moro
4. Rudy Harahap, S.Ag Ka. KUA Meral
5. Muhamaad Nawir, S. Ag Ka. KUA Tebing
6. Sarpan, S.Ag Ka. KUA Kundur Utara
7. Mukhlis, S.Ag Ka. KUA Buru
8. Drs. Suhaimi Ka. KUA Kundur Barat
9. Selinah, S.Ag Ka. KUA Durai
10. Herizalmi, S.Ag Penghulu Kecamatan Karimun
11. Martin Abas Satriya. S.Sos.I Capeng Kecamatan Meral








Comments