Kemenag Kepri: Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Workshop Jurnalistik

Kemenag Kepri: Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Workshop Jurnalistik

Bintan_Humas——Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan Workshop Jurnalistik yang diikuti oleh para pelaksana humas di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenag Kepri yang diwakili oleh Pymt. Kabag Tata Usaha Syahjohan, S.Ag di Bintan Agro Resort Jalan Trikora Bintan, Jumat (27/9). Kemenag Kepri: Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Workshop Jurnalistik

Dalam laporannya Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Kepri H. Sukirno mengatakan dalam upaya meningkatkan pencitraan Kementerian Agama, tidak dapat dilepaskan dari peran para jurnalis yang dilaksanakan oleh para pelaksana humas. 

“Kita bercita-cita mewujudkan jurnalisme berkualitas untuk mewujudkan Kementerian Agama yang berkualitas juga. Melalui kegiatan ini diharapkan akan lahir tenaga terampil jurnalistik yang mengusai teknologi informasi sampai lingkungan kerja terkecil”, kata H. Sukirno.

“Melalui narasumber yang kita undang diharapkan para peserta akan memahami teknik penulisan artikel yang baik, memahami bagaimana memanage media informasi yang tersedia, sampai kepada mampu menyelesaikan sengketa informasi jika memang dibutuhkan”, katanya lagi. 

Kemenag Kepri: Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Workshop Jurnalistik. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 42 orang, dimana sebelumnya para peserta yang mengikuti kegiatan ini pernah mengikuti workshop kehumasan yang diselenggarakan pada bulan Juli yang lalu. Adapun rinciannya adalah Kanwil Kemenag Kepri 7 orang, Kan. Kemenag Bintan 7 orang, Kan Kemenag Karimun 6 orang, Kan. Kemenag Lingga 4 orang, Kan. Kemenag Natuna 2 orang, Kan Kemenag Kota Tanjungpinang 6 orang, Kan. Kemenag Kota Batam 8 orang, dan Kan. Kemenag Anambas 2 orang. 

Kepala Kanwil Kemenag Kepri melalui Pymt. Kabag Tata Usaha Syahjohan dalam arahannya mengatakan, workshop jurnalistik sangat penting untuk dilaksanakan. Melalui kegiatan ini dirinya berharap para peserta mampu melakukan publikasi terhadap Kementerian Agama lebih baik lagi. 

“Banyak kegiatan kita yang menyentuh kebutuhan masyarakat belum terekspos dengan maksimal. Misalnya terkait dengan penyaluran bantuan operasional sekolah (BOS) yang belum terkekspos, padahal masyarakat berhak tahu dengan apa yang kita kerjakan sehingga ada peningkatan citra lembaga secara sistematis”, kata Syahjohan.
“Melalui kegiatan inilah kita berharap akan lahir para pelaksana kehumasan yang mampu mengemas konten-konten kehumasan melalui workshop jurnalistik yang akan membimbing mereka selama beberapa hari ini”, tambah Syahjohan.

Kemenag Kepri: Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Workshop Jurnalistik Leiga Mariza, salah satu peserta kegiatan yang berasal dari Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjungbatu mengatakan dirinya telah mengikuti kegiatan tersebut sebanyak dua kali. Ia mengatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini terutama dalam mendalami ilmu jurnalistik. 

“Banyak informasi di madrasah yang seharusnya bisa kita gali dan publikasikan secara lebih luas. Madrasah melakukan pelayanan secara langsung kepada masyarakat, oleh karenanya informasi yang disampaikan dan diterima masyarakat harus cepat dan berimbang”, ucap Leiga Mariza. 

“Saya bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini sehingga dapat lebih memperdalam khazanah kelimuan khususnya tentang jurnalistik sebagai kelanjutan dari kegiatan workshop kehumasan sebelumnya”, tambah Leiga Mariza.   

Narasumber yang menyampaikan materi pada kegiatan ini adalah mereka yang ahli dibidangnya, antara lain Ka. Kanwil Kemenag Kepri H. Handarlin H. Umar, Kabid Jaringan Kemenag RI Jakarta H. Ahmad Gufron, S.Kom, Pimred dan Litbang Haluan Kepri H. Fery Heryanto, Ketua Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Riau H. Arifuddin Jalil, dan fotografer professional Tundra Laksamana.

Pelaksanaan kegiatan akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 27 – 29 September 2013 yang bertempat di Bintan Agro Beach Resort Jalan Trikora Km. 36 Bintan. (h) Kemenag Kepri: Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Workshop Jurnalistik

Comments