Berita Kemenag: Marzuki Nilai Kemenag Kini Lebih Terbuka - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Berita Kemenag: Marzuki Nilai Kemenag Kini Lebih Terbuka

Berita Kemenag: Marzuki Nilai Kemenag Kini Lebih Terbuka

Written By Kemenag Karimun on Sunday, 13 October 2013 | 21:26

Berita Kemenag: Marzuki Nilai Kemenag Kini Lebih Terbuka. REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Ketua DPR, Marzuki Alie, mengatakan sudah ada keterbukaan dari Kementerian Agama (Kemenag) terkait penyelenggaraan ibadah haji, sehingga berbagai kekurangan diungkap dan berusaha dicari solusinya.

"Telah ada keterbukaan mengungkap berbagai persoalan dan kelemahan dan kita ingin ke depan penyelenggaraan haji bisa lebih baik," katanya saat memimpin Rapat Dengar Pendapat Komisi VIII DPR dengan Kementerian Agama di Makkah, kemarin.

Menurut Marzuki, sebelum DPR menyampaikan kritik ternyata sejumlah persoalan diungkap Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Anggito Abimanyu seperti ada bus yang masih jelek dan pemondokan yang kurang layak.

Berita Kemenag: Marzuki Nilai Kemenag Kini Lebih Terbuka.Sebelumnya Dirjen mengakui ada beberapa gedung yang fasilitasnya terganggu seperti ketersediaan air, kamar mandi dan pendingin udara seperti di Sektor I, IV dan IX. "Kira-kira ada 10 persen perumahan yang masih belum baik dan kita meminta pemiliknya untuk memperbaiki jika ada kerusakan," katanya.

Ia menjelaskan, biasanya ada beberapa yang dimiliki satu keluarga dan mereka meminta seluruh gedung harus disewa termasuk gedung yang fasilitasnya kurang memadai itu.

Demikian juga soal transportasi dari bandara sampai pemondokan, Dirjen menjelaskan masih ada 30 persen yang menggunakan bus Abu Sharhad yang kondisinya sudah tua dan belum ditingkatkan. "Tahun depan ini akan terus ditekan, kalau dihilangkan tidak mungkin, kita minta prosentasenya paling 10 persen saja," katanya.

Sejumlah anggota Komisi VIII DPR meminta agar jamaah yang mendapat pondokan yang kurang layak agar mendapat uang kompensasi seperti tahun lalu. Beberapa hal yang disorot DPR dalam RDP itu antara lain kurangnya petugas di Masjidil Haram, adanya Tim Pembimbing Haji Daerah yang ternyata "orang titipan" sehingga tidak menjalankan fungsinya serta perlunya kontrak perumahan dalam jangka panjang untuk mendapat perumahan yang lebih baik.

Marzuki meminta agar pemda benar-benar menunjuk orang yang tepat sebagai pembimbing haji daerah sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik. "Jangan ada lagi titip-titipan untuk pembimbing daerah," katanya. Berita Kemenag: Marzuki Nilai Kemenag Kini Lebih Terbuka.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger