Desember 2013, Pengangkatan CPNS Honorer K1 Kemenag

Desember 2013, Pengangkatan CPNS Honorer K1 Kemenag oleh Kemenag Karimun
Desember 2013, Pengangkatan CPNS Honorer K1 Kemenag
Desember 2013, Pengangkatan CPNS Honorer K1 Kemenag. JAKARTA – Para honorer yang masuk kategori satu (K1) di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung bisa tersenyum lega. Asa mereka untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun ini kemungkinan tetap bisa terwujud.
Ini setelah Kemenag RI menepis rumor yang menyebutkan tidak ada pengangkatan honorer K1 menjadi CPNS untuk tahun 2013 di instansi tersebut.
’’Itu tidak benar. Yang sudah memenuhi persyaratan akan diangkat dan diberi nomor induk pegawai akhir tahun ini,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag RI Zubaidi kepada Radar Lampung di Jakarta kemarin.
Menurutnya, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sudah melaporkan hasil audit tujuan tertentu (ATT) pada minggu lalu. Namun berdasarkan laporan BPKP tersebut, ada sebagian honorer yang belum melengkapi dokumen-dokumen untuk lolos administrasi K1.
Bahkan diketahui, hasil audit juga menyatakan sebanyak 6.428 honorer K1 tidak memenuhi kriteria (TMK) dan diusulkan untuk mengikuti tes honorer kategori dua (K2).
’’Secara umum, jumlah K1 sebanyak 10.875. Ada sejumlah K1 yang harus melengkapi dokumen yang diperlukan. Ada yang dinyatakan masuk K2 dan ada juga yang dinyatakan lengkap serta memenuhi syarat. Kalau yang diusulkan masuk K2, mereka harus mengikuti tes K2,” jelasnya.
    Mekanismenya, sambung Zubaidi, setelah audit selesai, BPKP melaporkan hasilnya ke menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Menpan-RB). Nah bagi honorer yang memenuhi kriteria, akan disampaikan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk diberi pertimbangan sebelum mendapatkan nomor induk pegawai (NIP).
    Bagi honorer K1 yang diminta melengkapi berkas, akan dihubungi oleh tim seleksi agar segera melengkapi. Untuk itu, lanjut Zubaidi, bagi honorer K1 yang belum memenuhi persyaratan diberikan waktu hingga awal November untuk melengkapinya. Sebab, proses penetapan K1 yang dinyatakan lulus administrasi dan diberikan NIP oleh BKN sehingga berhak menjadi CPNS akan dilakukan pada Desember 2013.
    ’’Yang terakhir, pengangkatan diagendakan pada Desember. SK dari Kemenag sudah selesai. Karena masih harus melewati proses pertimbangan dan diberi NIP di BKN, kita harapkan pada Oktober sampai awal November semua honorer K1 yang diminta melengkapi berkas sudah melengkapinya,” ucap dia.
  
Desember 2013, Pengangkatan CPNS Honorer K1 Kemenag
Sementara itu, tahapan perekrutan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) 2013 terus melangkah ke babak baru. Setelah pemerintah pusat melakukan penandatanganan pakta integritas untuk seluruh provinsi, kemarin giliran Pemprov Lampung menerapkan hal yang sama untuk setiap kabupaten/kota. Termasuk daerah yang hanya mendapat kuota penambahan CPNSD dari jalur K1.
Sekretaris Provinsi Lampung Berlian Tihang berharap melalui penandatanganan pakta integritas tersebut, tidak terjadi kecurangan atau hal lain yang dapat mengganggu kelancaran rekrutmen CPNSD 2013. Upaya ini juga sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya percaloan yang dilakukan oknum aparatur daerah.
’’Namun harapannya, masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam mewujudkan rekrutmen CPNSD yang bersih. Sebab, tidak akan ada akibat tanpa penyebab,” ujar dia usai acara yang digelar di ruang Sungkai Balai Keratun Pemprov Lampung kemarin.
    Seyogianya, acara tersebut diperuntukkan sekretaris kabupaten/kota. Namun, ada beberapa kabupaten/kota yang hanya dihadiri kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau asisten yang membidangi kepegawaian. Daerah yang langsung dihadiri sekretaris kabupaten/kota hanya Lampung Selatan, Metro, Waykanan, Pesisir Barat, dan Mesuji.
    Menanggapi hal tersebut, Kepala BKD Lampung Syarif Anwar meminta agar sekretaris yang urung hadir dapat segera menandatangani dan mengirimkannya ke BKD Lampung. Sebab, perwakilan hanya diperbolehkan sebatas memberikan paraf.
’’Untuk kabupaten/kota yang sekretaris daerahnya belum menandatangani pakta integritas ini, kami tunggu sampai 7 Oktober. Itu juga batas akhir daerah menyerahkan data final pelamar. Sebab di hari itu, saya akan berangkat ke Jakarta untuk menyampaikannya ke pemerintah pusat yang hendak menyesuaikan dengan jumlah LJK (lembar jawaban komputer) yang mereka cetak untuk kita,” terang Syarif.
Pada kesempatan tersebut, Syarif pun menegaskan prinsip nol kecurangan. Pada pencetakan soal hingga pelaksanaan tes nanti, pihaknya akan memberikan tanda pengenal berbeda untuk setiap pihak. Bagi gubernur, mendapat tanda pengenal berwarna merah. Gubernur mendapat keistimewaan untuk melihat persiapan dan masuk lokasi penggandaan soal.
Berikutnya, untuk panitia lain mengenakan tanda pengenal berwarna biru. Sedangkan bagi pengawas kelas akan mengenakan tanda pengenal warna putih. ’’Di balik tanda pengenal tersebut juga akan ada pernyataan pakta integritas yang ditandatangani oleh si pengguna,” ungkapnya.
TIdak hanya para penggawa aparatur daerah, penandatanganan juga dilakukan pimpinan percetakan CV Ganesja Baru, Ahmad Nirwan. Sebab, pihaknya sudah dipastikan menjadi satu-satunya percetakan yang bakal menggandakan soal CPNSD se-Lampung.
Syarif menuturkan, mengenai penggandaan soal, penawaran juga sempat masuk dari percetakan luar daerah. Namun, hal itu langsung ia mentahkan. ’’Pertimbangannya adalah mengenai pengawasan serta pendistribusian soal,” ujar dia seraya menuturkan, untuk kontrak biaya penggandaan soal dilakukan oleh setiap kabupaten/kota.
Lebih lanjut dijelaskan, mengenai distribusi soal ke kabupaten/kota direncanakan pada 2 November. Sebelumnya, BKD akan terlebih dahulu menyurati pusat agar dapat memberi izin penggandaan soal paling lambat 9 Oktober. Kemudian, LJK dapat didistribusikan oleh pusat harapannya paling lambat H-5.
Sementara, untuk pelamar CPNSD khusus untuk BKD Provinsi Lampung hampir dapat dipastikan finis di angka 17.198. Sayang, ia masih belum dapat merinci jumlah formasi pelamar.
’’Dari seluruh pelamar yang ada belum selesai kami verifikasi. Sekarang yang sudah kami proses sekitar 14 sampai 15 ribu,” paparnya. (kyd/sur/p5/c1/fik)

Sumber Berita: Desember 2013, Pengangkatan CPNS Honorer K1 Kemenag http://www.radarlampung.co.id/read/berita-utama/63061-desember-pengangkatan-cpns-kemenag

Comments