Berita Kemenag: Rakor Kemenag Sumedang Ditandai Pelantikan Pengurus Satkom Pramuka Madrasah - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Berita Kemenag: Rakor Kemenag Sumedang Ditandai Pelantikan Pengurus Satkom Pramuka Madrasah

Berita Kemenag: Rakor Kemenag Sumedang Ditandai Pelantikan Pengurus Satkom Pramuka Madrasah

Written By Kemenag Karimun on Friday, 11 April 2014 | 14:00

Berita Kemenag: Rakor Kemenag Sumedang Ditandai Pelantikan Pengurus Satkom Pramuka Madrasah
2014-04-09 08:02:15 - kategori:Nasional

Sumedang, IFO - Bupati Drs H Ade Irawan, MSi selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sumedang melantik Majelis Pembina dan Pengurus Harian Satuan Komunitas (Satkom) Pramuka Madrasah Sumedang Masa Bhakti 2014-2019, Selasa (8/4). Pelantikan mengawali dilaksanakannya Rapat Koordinasi Kantor Kementerian Agama Sumedang di Aula Gedung Pusat Da’wah Islam Sumedang.

Selain oleh Kepala Kemenag Sumedang  Dr H Cece Hidayat, MSi beserta jajarannya, Pembukaan Rakor dihadiri juga oleh Ketua MUI K H Adam Malik Ibrohim, Ketua BAZNAS Sumedang Drs H Ali Badjri, MM, Ketua Yayasan As-Syatibi’iyah K H Ahmad Shobir, Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang H Dedi Hermawan Charis, Asisten Pemerintahan H Sanusi Mawi, MSi, Plt Kadisbudparpora A Kusnadi, SAP, Kabag Sosial Agus Suherman,  para Kepala MI, MTs, dan MA, pembina Pramuka Madrasah, Kepala KUA, Kelompok Kerja Penyuluh, Kelompok Kerja Pengawas, dan Musyawarah Kerja Kepala (MKK) Madrasah.

Berdasarkan SK Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang No. 02 Tahun 2014 tentang Susunan Pengurus Majelis Pembimbing Satkom Gerakan Pramuka Madrasah kabupaten Sumedang masa bhakti 2014-2019, Ketua Majelis Pembimbing adalah Dr H Cece Hidayat, MSi, Sekretaris Drs H yayan Muhtar, dan Bendahara Hj Ai Momoh Rohanah, SAg. Adapun anggota Majelis Pembimbing terdiri dari Kasubag TU Kemenag, Kasi Pendidikan Madrasah, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Kasi Pendidikan Agama Islam, Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, Kelompok Kerja Pengawas, PD Ikatan Guru Raudhatul Athfal, MKK MI, MKK MTs, dan MKK MA.
Berita Kemenag: Rakor Kemenag Sumedang Ditandai Pelantikan Pengurus Satkom Pramuka Madrasah
Sedangkan Pengurus Harian berdasarkan SK Kwarcab No. 03 Tahun 2014 tentang Susunan Pengurus Harian Satkom Pramuka Madrasah Sumedang masa bhakti 2014-2019, Ketua dipegang oleh Awa, SPdI, MG, Wakil Ketua Hendi, SPd, MG, Sekretaris Muhammad Taufiq, SPdI, MG dan Yogi Nugraha, SPdI, MG, serta Bendahara oleh Yani Mulyani Sari, SPdI, dan Hj Wiwi Wikanah, SPdI, MS. Di bawahnya terdapat 20 orang anggota termasuk 6 orang Koordinator Wilayah.

Tugas dari Majelis Pembimbing adalah memberikan bimbingan, dukungan moril, finasial, dan spritual kepada Satuan Komunitas Gerakan Pramuka Madrasah kabupaten Sumedang. Sedangkan Pengurus Harian bertugas menyelenggarakan pendekatan, bimbingan, dan pengembangan Gerakan Pramuka yang berada di lingkungan komunitas Pramuka Madrasah Kabupaten Sumedang.

Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus yang baru dilantik dan berharap jajaran pengurus bisa menjalankan tugasnya dengan baik demi kemajuan kepramukaan di Kabupaten Sumedang. “Selamat kepada Pengurus Satkom berikut Majelis Pembimbingnya, semoga semakin mendukung perkembangan Gerakan Pramuka Sumedang,” ucap Bupati.

Rakor sendiri merupakan agenda rutin di Kantor Kemenag yang digelar setiap awal bulan sebagai media silaturahim, komunikasi, sekaligus informasi untuk menyampaikan berbagai program yang akan dan tengah berjalan pada bulan tersebut. “Pertemuan ini juga sebagai media evaluasi  terhadap program-program yang telah berjalan pada bulan yang lalu,” ujar Kepala Kemenag Dr H Cece Hidayat, MSi.

Berkenaan dengan pelantikan Satkom Pramuka Madrasah, Kepala Kemenag selaku ketua Majelis Pembimbing menyampaikan, Satkom merupakan himpunan dari Gugus Depan berbasis komunitas dan satuan pendidikan yang memiliki kesamaan profesi, aspirasi, dan agama.

“Sebagaimana misi Gerakan Pramuka, Satkom Pramuka Madrasah mengedepankan pendidikan watak, kepribadian, dan budi luhur serta membekali dengan kecakapan hidup agar menjadikan siswa-siswi madrasah sebagai kader pembangunan handal di masa depan. Diharapkan terbentuknya Satkom menjadi media khusus bagi siswa-siswi agar lebih fokus dalam gerakan kepanduan,” tuturnya.

Menurutnya, Satkom Pramuka Madrasah Sumedang adalah yang pertama kali dibentuk di Jawa Barat. “Saya sudah mengecek di Kemenag jawa Barat, baru Sumedang yang telah dibentuk Satkom Pramuka Madrasah. Inysaalloh kami akan mengajak minimal lima kabupaten/kota untuk membentuk Satkom sehingga nanti kita bisa mengadakan koordinasi dengan Satkom yang lain,” tandasnya. (joel) Berita Kemenag: Rakor Kemenag Sumedang Ditandai Pelantikan Pengurus Satkom Pramuka Madrasah
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger