Kemenag Jawa Tengah: Jamaah Calon Haji Agar Siapkan Paspor Sejak Dini

Kemenag Jawa Tengah: Jamaah Calon Haji Agar Siapkan Paspor Sejak Dini

Rembang — Jamaah calon haji yang akan berangkat pada tahun ini diminta untuk segera mengurus paspor. Himbauan tersebut guna mengantisipasi padatnya jadual sebagai persiapan menjelang keberangkatan.

Demikian disampaikan oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, H. Atho’illah dalam rapat koordinasi KUA Kecamatan se-Kabupaten Rembang pada Rabu (16/4). Data Kemenag Kabupaten Rembang mencatat jumlah jamaah calon haji tahun 1435H/2014M sebanyak 688 jamaah. 17 orang di antaranya meninggal dunia, dan 10 orang mundur.

Sehingga total yang bisa berangkat adalag 661 orang. “Dari jumlah tersebut, sebanyak 560 orang belum punya paspor, dan 101 di antaranya sudah lunas membayar BPIH, namun ada yang belum punya paspor,” jelas Atho’illah.

Ditambahkannya, calon jamaah perlu memperhatikan persyaratan untuk membuat paspor. Berdasarkan Pasal 49 Peraturan Pemerintah Tahun 2013 syarat-syarat untuk membuat paspor yaitu mempunyai KTP yang masih berlaku, KK yang masih berlaku, dan akte kelahiran/ijazah/akta nikah/duplikat akta nikah.
Kemenag Jawa Tengah: Jamaah Calon Haji Agar Siapkan Paspor Sejak Dini
Sementara bagi yang pernah memiliki paspor biasa, surat perjalanan laksana paspor, atau surat/pas perjalanan lintas batas agar melampirkan dokumen tersebut saat pengajuan berkas. “Hal tersebut sangat penting untuk menghindari adanya duplikasi, biaya pembuatan yang lebih tinggi, waktu dan proses pengurusan yang lebih lama. Selain itu jika ada penggandaan paspor, berarti melanggar Pasal 126 huruf© UU nomor 6 Tahun 2011,” terangnya.

Apabila berkas tersebut sudah lengkap, calon jamaah haji bisa mengajukan pembuatan paspor dengan datang langsung ke kantor imigrasi Pati dan mengisi formulir PERDIM II. Berkas-berkas yang diajukan tersebut telah difotocopi, dan menunjukkan berkas asli saat wawancara. Atho’illah meminta kepada Kepala KUA agar menyosialisasikan pembuatan paspor kepada jamaah calon haji di daerahnya masing-masing. Dia juga berharap, dengan segera rampungnya pembuatan paspor, maka persiapan lain seperti manasik haji, dapat diselenggarakan lebih awal dibanding tahun lalu.—-Shofatus Shodiqoh Kemenag Jawa Tengah: Jamaah Calon Haji Agar Siapkan Paspor Sejak Dini
 

Comments