Kemenag Kepri: Ka. Kanwil Gelar Pembinaan Pegawai DPK

Kemenag Kepri: Ka. Kanwil Gelar Pembinaan Pegawai DPK

Batam (Humas)—-Disela kesibukannya yang padat, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri Drs. H. Marwin menggelar pembinaan bagi pegawai Kementerian Agama yang dipekerjaan di Badan Pengelolaan (BP) Batam. Pertemuan digelar di Hotel PIH Batam Center, Senin (7/4). Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Kanwil Kemenag Kepri Drs. H. Marwin Jamal, Kepala Biro Kepegawaian BP Batam Asep Lili Kholilullah, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kepri H. Subadi, S.Ag, dan Kepala Kemenag Batam Drs. H. Zulkifli.

Dalam sambutannya Kepala Kemenag Batam Drs. H. Zulkifli mengatakan saat ini Kementerian Agama memiliki 90 pegawai berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dipekerjakan (DPK) di BP Batam. Dari jumlah tersebut para pegawai tersebut tersebar diberbagai unit kerja misalnya RS BP Batam, Bandara Hang Nadim Batam, Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Telaga Punggur dan lain-lain.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kepri Drs. H. Marwin Jamal mengingatkan para pegawai DPK untuk bekerja secara sungguh-sungguh. Bekerja dengan sungguh-sungguh menurut Ka. Kanwil ditandai dengan integritas yang tinggi. “Integritas ditandai dengan satunya kata dengan perbuatan”, kata Ka. Kanwil.

Ka. Kanwil juga mengajak jajarannya itu untuk bekerja dengan penuh komitmen. “Selesaikan tugas sampai tuntas, ikhlas, cerdas, tanpa menunggu disuruh untuk mengerjakannya, untuk melaksanakan itu kata kuncinya adalah disiplin”, kata Ka. Kanwil lagi.

Disiplin waktu juga menjadi penekanan Ka. Kanwil. Ia mengingatkan jajarannya untuk menunaikan kewajiban kerja 37,5 jam selama sepekan. Menurutnya pola reward dan punishment akan menjadi instrument yang cukup fair. “Reward dapat diberikan dalam bentuk yang sederhana tetapi yang lebih penting adalah adanya rasa penghargaan dan rasa menghargai”, ujar Ka. Kanwil.

Ia juga mengharapkan agar jajarannya dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki. “Meningkatkan kompetensi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana misalnya dengan memperbanyak membaca berbagai literature yang ada kaitannya dengan pekerjaan sehingga kita semakin mahir dengan bidang tugas yang diemban”, ujarnya lagi.

“Bagi yang akan melanjutkan studynya silahkan, mintakan izin belajarnya. Kita memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan sumber daya manusia yang kita miliki asalkan sesuai dengan ketentuan. Bagi yang masih golongan II silahkan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang S1, bagi yang sudah sarjana silahkan untuk melanjutkan ke jenjang S2 dan seterusnya. Carilah peluang-peluang untuk mendapatkan beasiswa”, ucap Ka. Kanwil.
Kemenag Kepri: Ka. Kanwil Gelar Pembinaan Pegawai DPK
H. Marwin juga mengatakan bahwa Wakil Menteri Agama RI Prof. Dr. H. Nazaruddin Umar ketika melakukan dengan dialog dengan jajaran Kanwil Kemenag Kepri di Karimun sangat menekankan agar SDM Kemenag semakin meningkat dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada jajarannya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurut H. Marwin pegawai Kementerian Agama juga ditandai dengan moral yang luhur. “Moral yang luhur ditandai dengan sikap yang sensitive terhadap kebutuhan masyarakat yang dilayani. Berikan layanan yang terbaik. Selain sensitive, kita juga harus responsive terhadap perkembangan yang ada. Lakukan pekerjaan dengan respon yang cepat dan terukur”, ucapnya lagi.

“Jangan hanya mengharapkan reward yang besar namun kita tidak tanggap akan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Cintai pekerjaan. Dimana kita ditempatkan anggap itu menjadi posisi yang terbaik. Jangan cintai jabatan tetapi cintai pekerjaan”, tambah Ka. Kanwil.

Sementara itu  Kepala Biro Kepegawaian BP Batam Asep Lili Kholilullah mengatakan dirinya sudah cukup lama untuk menggelar pertemuan serupa. Para PNS Kemenag dengan status DPK tetap menginduk kepada Kementerian / Lembaga yang menaunginya. Dirinya mengakui saat ini BP Batam telah mempekerjaan PNS DPK dari 15 Kementerian / Lembaga.

Selama ini BP Batam tetap melakukan pembinaan pegawai DPK dengan bekerja sama dengan Kementerian / Lembaga terkait yang menjadi Kementerian induknya.   Kemenag Kepri: Ka. Kanwil Gelar Pembinaan Pegawai DPK

Comments