Kemenag Kepulauan Riau: Kemenag Siap Sukseskan UN 2014

Kemenag Kepulauan Riau: Kemenag Siap Sukseskan UN 2014

Tanjungpinang (Humas)——Kementerian Agama siap mensukseskan Ujian Nasional 2014 dengan pelaksanaan yang jujur dan berprestasi. Diharapkan prestasi UN siswa madrasah semakin baik secara kuantitas dan kualitas, demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Drs. H. Marwin Jamal saat menjawab pertanyaan media tentang kesiapan pelaksanaan UN Madrasah di Kepulauan Riau di Masjid Al Furqon Jalan Pemuda Tanjungpinang, Minggu (13/4/2014).

“Kita gembira, dalam beberapa tahun rata-rata hasil UN di madrasah dengan sekolah umum sudah berimbang sehingga madrasah dalam bidang prestasi nilai UN sudah semakin baik”, kata H. Marwin Jamal.

“Saat ini, lanjut dia, rata-rata tingkat kelulusan madrasah mencapai 99,9 persen. Tahun lalu saja kelulusan UN MA kita sudah hampir seratus persen hanya KAbupaten Karimun yang 99,8 persen disebabkan salah satu peserta didiknya gagal mengikuti ujian. Ini baru angka rata. Ke depan perlu dibenahi prestasi individunya,” jelasnya.
Kemenag Kepulauan Riau: Kemenag Siap Sukseskan UN 2014
Mengenai persiapan UN tahun ini, menurutnya sudah tidak ada masalah. Persiapan itu termasuk dalam penyebaran soal, distribusi serta persiapan administrasi, sehingga pelaksanaan UN berjalan lancar, lebih baik dibanding tahun lalu. “Kemenag mengikuti apa yang ada di Kemendikbud, kita hanya sediakan pengawas, guru-guru madrasah. Bahkan kita juga sudah melakukan kerja sama sejak lama dalam bidang pengawasan dengan melibatkan perguruan tinggi seperti dari UIN Susqa Riau, Umrah dan STAI. Ini semua dalam rangka mewujudkan UN yang jujur,” imbuhnya.

Ditambahkan, Perguruan Tinggi baik negeri dan swasta juga terlibat dalam pengawasan. “Pengawasan oleh perguruan tinggi terkait dengan UN sebagai komponen untuk UMPTN sehingga hasilnya benar-benar bersih.

“Monitoring perguruan tinggi, karena UN jadi komponen UMPTN, sehingga pengawasan sangat ketat, jujur, baik,” terangnya.

Pada UN 2014 ini, siswa madrasah yang mengikuti ujian sebanyak 916 siswa seluruh provinsi Kepri.

Waktu pelaksanaan UN siswa madrasah dilaksanakan berbarengan dengan UN siswa sekolah umum. Untuk MA dilaksanakan 14 – 16 April 2014. Adapun ujian susulannya dijadwalkan pada 22 – 24 April 2014. UN bagi siswa MTs  akan dilaksanakan pada 5 – 8 Mei 2014, dengan susulan pada 12 Mei – 16 Mei 2014.

Adapun Ujian Madrasah (UM) bagi siswa MI, dilaksanakan pada 19 – 21 Mei 2014 dan ujian susulannya dilaksanakan pada 25 – 28 Mei 2014.

Mata pelajaran yang diujikan pada UN MA jurusan IPA adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Mata pelajaran UN MA jurusan IPS: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi.

Mata pelajaran untuk UN MA jurusan Bahasa adalah Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Asing lainnya, Matematika, dan Antropologi,. Adapun mata pelajaran untuk UN MA jurusan Keagamaan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Tafsir, Hadist, dan Fiqih.

Mata pelajaran yang diujikan pada UN MTs sama dengan SMP, yaitu: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Demikian juga mata pelajaran yang diujikan pada UM MI, sama dengan SD, yaitu: Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.(h) Kemenag Kepulauan Riau: Kemenag Siap Sukseskan UN 2014

Comments