Kemenag Pusat: Sisditjen Pendis: Target Kelulusan Madrasah Aliyah Lebih Baik dari Tahun Lalu

Kemenag Pusat: Sisditjen Pendis: Target Kelulusan Madrasah Aliyah Lebih Baik dari Tahun Lalu
Jakarta (Pinmas) —- Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin menegaskan bahwa target kelulusan Madrasah Aliyah pada penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2013/2014 adalah lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Melihat track record tahun lalu yang sudah bagus dengan tingkat kelulusan mencapai 99,7%, tahun ini insya Allah bisa lebih dari itu,” tegas Kamaruddin Amin ketika meninjau pelaksanaan UN di MAN 3 Jakarta Pusat, Senin (14/04).

Kamaruddin yakin bahwa sekarang ini prestasi dan kualitas pendidikan di madrasah tidak jauh berbeda. “Tahun lalu juara dua nasional adalah MAN IC. Kalau dilihat data, SMA sama MA itu kecil sekali perbedaannya. Kalau MTS dan SMP, MTS malah lebih bagus,” terangnya.

“Sekarang kalau dilihat trendnya, madarsah negeri tidak kalah dengan sekolah negeri,” tambahnya.
Kemenag Pusat: Sisditjen Pendis: Target Kelulusan Madrasah Aliyah Lebih Baik dari Tahun Lalu
Menurut Kamaruddin, program-program pendidikan Islam Kemenag sekarang ini tidak hanya berkutat pada persoalan perluasan akses, tetapi juga sudah difokuskan pada peningkatan mutu. “Jadi tidak hanya peningkatan akses, tapi juga mutu. Itu juga yang harus dikejar,” ujar Kamaruddin.

Kamaruddin mengakui adanya kendala substantif yang harus dihadapi karena mayoritas madrasah adalah swasta. Menurutnya, madrasah negeri hanya sekitar 11%, sedang sisanya yang 89% adalah swasta. “Itu merupakan realitas yang harus menjadi pertimbangan dalam memberikan afirmatif. Tapi trend nya semakin hari semakin bagus,” ujarnya.

Namun, memberikan afirmasi terhadap madrasah swasta bagi doktor lulusan Jerman ini menjadi tantangan tersendiri untuk terus melakukan terobosan demi terobosan. “Peningkatan kualitas madrasah swasta lebih menantang bagi kita untuk melakukan terobosan-terobosan,” pungkasnya. (cw/mkd/mkd) Kemenag Pusat: Sisditjen Pendis: Target Kelulusan Madrasah Aliyah Lebih Baik dari Tahun Lalu

Comments