BIN cium sabotase dalam pelaksanaan MTQ Nasional 2014

BIN cium sabotase dalam pelaksanaan MTQ Nasional 2014  
khataman alquran. ©2012 Merdeka.com/arie basuki
Berita Terkait

Merdeka.com - Badan Intelejen Negara (BIN) mencium potensi terjadinya sabotase dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional XXV di Batam, 6-13 Juni 2014. Untuk itu anggota BIN sudah melakukan antisipasi sejak lama.

"Potensi sabotase ada," kata Kepala BIN Daerah Kepulauan Riau Laksma Winarto, usai rapat persiapan pengamanan MTQ Nasional di Batam, seperti dikutip dari Antara, Jumat (9/5), sembari mengungkapkan pihaknya sudah bekerja sejak lama untuk melakukan langkah-langkah antisipatif mencegah terjadinya sabotase.

Sabotase bisa saja dilakukan dari arah laut, kata dia, mengingat lokasi Batam yang terletak di perbatasan. "Potensi dari laut ada, tapi kecil. Makanya pengamanan juga melibatkan TNI AL," ujar Laksma Winarto.

BIN cium sabotase dalam pelaksanaan MTQ Nasional 2014 
Selain sabotase, BIN juga mensinyalir adanya unjuk rasa yang dilakukan pihak-pihak tertentu untuk mencari popularitas. Di tempat yang sama Kapolda Kepri Brigjen Pol Endjang Suderajat mengatakan membentuk satuan tugas khusus untuk pengamanan MTQ dari awal acara hingga penutupan.

"Secara umum, Polri membentuk satuan tugas, disesuaikan dengan item kegiatan, dari kedatangan sampai penutupan. Mulai tanggal 3 Juni sampai penutupan 14 Juni 2014," kata Brigjen Pol Endjang.

Ada 10 item menjadi sasaran pengamanan Polda Kepri, mulai dari kedatangan khafilah, tempat menginap khafilah, kegiatan pembukaan MTQ, lomba MTQ, pembukaan pameran pawai taaruf. "Mulai pembangunan panggung, kami sudah melakukan pengamanan," ungkap Brigjen Pol Endjang.

Polri menyertakan seluruh objek pengamanan MTQ Nasional dengan pola operasional standar kepolisian, dimulai dari deteksi, prefentif, preventif dan represif bila perlu. Polisi akan mengamankan seluruh objek pelaksanaan MTQ, mulai dari Presiden, Gubernur dari seluruh provinsi, Dubes dan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksanaan MTQ Nasional Soerya Respationo berharap pelaksanaan MTQ berjalan kondusif dan aman, makanya melibatkan seluruh jajaran keamanan yang berada di Kepri. "Kami harap semuanya berlangsung aman," kata pria yang juga Wakil Gubernur Kepri itu.
[hhw] BIN cium sabotase dalam pelaksanaan MTQ Nasional 2014  

http://www.merdeka.com/peristiwa/bin-cium-sabotase-dalam-pelaksanaan-mtq-nasional-xxv.html

Comments