Peranan E-Data Dalam Perencanaan

Andi Febriana, HS. ST saat menyampaikan materi Peranan E-Data Dalam Perencanaan di Hotel Aston Tg. Balai Karimun (12/6/2014)
Kemenag Kab. Karimun - Peranan e-Data dalam Perencanaan sangat penting, karena dari e-data yang ada maka perencanaan bisa disusun. Berdasarkan  Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan E-government ditegaskan kepada seluruh lembaga pemerintah untuk melakukan pengembangan elektronik (data) dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik secara efektif dan efisien dan meningkatkan praktek good governance. Demikian disampaikan oleh Andi Febriana, HS. ST saat menyampaikan materi tentang Peranan E-Data Dalam Perencanaan di Hotel Aston Tg. Balai Karimun (12/6), kamis lalu.

"E-Data merupakan aplikasi yang dibangun untuk  menghasilkan  Angka Dasar Perencanaan yang sama, valid, akurat, realiable dan upto date di lingkungan Kementerian Agama," jelas Andi Febriana.

Sebagaimana diketahui bahwa Pusat Informasi Dan Humas (Pinmas) Kementerian Agama RI telah meluncurkan layanan baru berbasis internet. Layanan dengan system web based ini dinamakan layanan e-Data. Layanan e-Data merupakan pengembangan lebih lanjut dari system data online yang telah eksis sejak tahun 2010 yang lalu. Layanan e-Data dapat diakses melalui alamat http://data.kemenag.go.id/. mengatakan e-Data dikembangkan dengan melibatkan setiap satuan kerja.

Andi Febriana juga menambahkan bahwa proses pengisian data pada tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota akan dikoordinir oleh Sub Bagian Tata Usaha. “Nah, pada level ini tugas Sub Bagian Informasi Dan Humas adalah melakukan identifikasi kebutuhan data baik oleh internal maupun eksternal dengan tetap memperhatikan ketersediaan data pada sumbernya”, ujarnya lagi. 

Comments