Rapat Koordinasi Jadwal Imsakiyah dan Persiapan Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1435 H

Abdul Aziz ST dari BMKG Kabupaten Karimun (kiri) didampingi Endang Sry Wahyu, S.Ag (kanan) saat melaksanakan rapat persiapan  Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1435 H di Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, Selasa (10/06/2014)
Kemenag Kab. Karimun - Penyelenggara Syariah Kementerian Agama Kabupaten Karimun menggelar Rapat Koordinasi Jadwal Imsakiyah dan Persiapan Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1435 H . Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Kemenag Kab. Karimun selasa (10/6) itu menghadirkan Instansi terkait seperti Lanal Tanjung Balai Karimun, Badan Hisab Rukyat (BHR) Kab. Karimun, Kepala Stasiun Meteorologi - Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Kabupaten Karimun, dan Pemda Karimun yang diwakili bagian Kesra dari Ormas NU dan Muhammadiyah Kabupaten Karimun. Rakor ini diharapkan melahirkan kesamaan persepsi dan keputusan yang lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam rapat tersebut disepakati Pertama: lokasi untuk melihat Rukyatul Hilal Ramadhan 1435 H tahun ini di Kabupaten Karimun masih di Pantai Pelawan pada hari jumat tanggal 27 Juni 2014. Kedua; Standar waktu yang digunakan adalah waktu yang ditetapkan oleh BMKG. Ketiga; jadwal Imsakiyah di Kabupaten Karimun akan diterbitkan dalam dua buah versi, versi pertama: jadwal untuk Pulau Karimun, Pulau Kundur, Pulau Buru dan sekitarnya yang dihitung dengan titik 00°59′00″LU dan  103°25′00″BT dan versi kedua jadwal untuk pulau Moro, Pulau Durai dan sekitarnya yang dihitung dengan titik 00°46′00″LU dan  103°42′00″BT.

Namun bagi pemerintah, penentuan awal ramadhan tetap menunggu hasil rukyat dan sidang Isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI.

Pada kesempatan itu, H. Samsudin dari BHR Kabupaten Karimun juga mengingatkan pentingnya jadwal imsakiyah sebagai pedoman kaum muslimin dalam menjalan ibadah puasa. “Karena perbedaan waktu 2-3 menit ikut menentukan kesempurnaan dalam berpuasa,” ujarnya.

Hadir dalam rapat tersebut perwakilan dari Muhammadiyah Endang Sry Wahyu, S.Ag, dari NU diwakili Drs. H. Jamzuri, Lanal TBK diwakili oleh Bapak Tatang Taryana, dari BMKG Kabupaten Karimun diwakili Bapak Abdul Aziz ST dan Rizki Pratama W dan dari BHR Kabupaten Karimun diwakili H. Samsudin dan Sufriadi sementara itu dari Kemenag Kabupaten Karimun diwakili oleh Abdul Haris.*

Comments