Endang Sry Wahyu, S.Ag: Himbau Masyarakat Agar Menyalurkan Zakat Kepada Lembaga Zakat Yang Telah Ditunjuk.

Penyelenggara Syariah Kemenag Kab. Karimun Endag Sry Wahyu, S.Ag
Kemenag Kab. Karimun – Penyelenggara Syariah Kemenag Kab. Karimun Endag Sry Wahyu, S.Ag menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Karimun agar menyalurkan Zakat Fitrah maupun Zakat Malnya kepada Lembaga Zakat yang telah ditunjuk yakni (1)Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Masjid / Surau/Mushalla dan di UPZ SKPD (2) BAZ Kecamatan yang telah dibentuk oleh Pemerintah Setempat dan (3) BAZNAS Kabupaten Karimun. (3/7/2014)

“Hal ini agar bisa didata secara jelas berapa jumlah dana zakat yang terkumpul dan berapa yang tersalurkan dan kemana saja disalurkan. Untuk itu kami minta kepada Pengurus UPZ disetiap Masjid/Surau/Mushalla melaporkan secara tertulis hasil penerimaan dan pendistribusian Zakat Fitrah (beras/uang), Infaq, Shadaqah, Fidyah dan Kafarat kepada pengurus BAZ Kecamatan melalui KUA Kecamatan masing-masing untuk selanjutnya Pengurus BAZ Kecamatan melaporkan ke BAZNAS Kabupaten Karimun dengan alamat Kantor BAZNAS Kabupaten Karimun, Komplek Masjid Agung Jl. Jenderal Sudirman (Poros) Kabupaten Karimun."

"Sehingga nantinya kita bisa melaporkan secara menyeluruh Penerimaan dan Pendistribusian Zakat di Kabupaten Karimun.” ungkap Endang Sry Wahyu, S.Ag. yang mengklaim sudah mengedarkan Surat ke Ka. KUA Kecamatan untuk mendata Zakat, Infaq dan Sadaqah 1435 H untuk dipublikasikan menjelang Shalat Idul Fitri 1435 H nanti." tambahnya.

Ditanya mengenai kebiasaan masyarakat yang masih menyalurkan Zakat secara langsung kepada yang berhak menerima tanpa melalui Amil Zakat, Endang Sry Wahyu menjawab bahwa itu sah-sah saja, tetapi untuk menghindari adanya hubungan langsung antara   dan “yang menerima” tentu lebih baik zakat disalurkan melalui Amil Zakat. “Bisa saja, ini bisa saja. Yang memberi langsung bisa muncul rasa riya, atau merasa lebih tinggi dari yang menerimanya. Sebaliknya dari pihak yang menerima tentu ada kesan menjadi segan, rendah diri kepada yang memberinya dalam pergaulan sehari-hari nantinya.” jawab Endang.

Comments