Drs. Riadul Afkar: Guru PAI di Karimun Diminta Inovatif dan Kreatif

Drs. Riadul Afkar: Guru PAI di Karimun Diminta Inovatif dan Kreatif
Kemenag Kab. Karimun - Drs. Riadul Afkar mengatakan guru PAI harus mampu menjadi tenaga pengajar yang inovatif dan kreatif. "Tanpa inovasi dan kreativitas dari seorang guru, keseimbangan olah pikir, olah rasa, olah nalar akan sulit tercapai," katanya saat menyampaikan materi pembinaan Bimbingan Karya Ilmiah Bagi Guru PAI selama 2 hari (22-23/7/2014) lalu, bertempat di Hotel Maximillian Karimun.

Drs. Riadul Afkar melanjutkan bahwa karya inovatif itu bisa berbentuk:
  1. Menemukan Teknologi Tepat guna (Membuat karya sains/ teknologi )
  2. Menciptakan Karya Seni
  3. Membuat/ memodifikasi alat pelajaran/ peraga/ praktikum
  4. Mengikuti pengembangan penyusunan syandar, pedoman, soal, dan sejenisnya
Karya Teknologi Tepat Guna yang selanjutnya disebut karya sains/teknologi adalah karya hasil rancangan/ pengembangan/ percobaan dalam bidang sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya.

Menemukan/menciptakan karya seni adalah proses perefleksian nilai-nilai dan gagasan manusia yang diekspresikan secara estetika dalam berbagai medium seperti rupa, gerak, bunyi, dan kata yang mampu memberi makna transendental baik spriritual maupun intelektual bagi manusia dan kemanusiaan

Membuat/Memodifikasi Alat Pelajaran/Peraga/ Praktikum
  1. Subunsur Membuat Alat Pelajaran Definisi Alat pelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu kelancaran proses pembelajaran
  2. Subunsur Membuat Alat Peraga Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses pembelajaran
  3. Subunsur Membuat Alat Praktikum Alat praktikum adalah alat yang digunakan untuk praktikum sains, matematika, teknik, bahasa, ilmu sosial, humaniora, dan keilmuan lainnya. 
Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya yang diselenggarakan oleh instansi tingkat nasional atau provinsi.

"Jika bapak-ibu sebagai guru PAI bisa berinovasi dan berkreasi dalam mengajar maka akan menjadi nilai plus bagi pribadi bapak-ibu, memberi nilai tambah bagi siswa-siswi anak didik bapak-ibu, menjadi prestise bagi sekolah tempat bapak ibu mengajar, dan tentunya menjadi kebanggaan bagi kita semua." pungkas Drs. Riadul Afkar.

Comments