Pemantapan Manasik Haji dan Gladi Posko JCH Karimun 1435 H / 2014 M - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » , » Pemantapan Manasik Haji dan Gladi Posko JCH Karimun 1435 H / 2014 M

Pemantapan Manasik Haji dan Gladi Posko JCH Karimun 1435 H / 2014 M

Written By Kemenag Karimun on Monday, 1 September 2014 | 14:17

Foto: Tampak Bupati Karimun H. Nurdin Basirun didampingi Ka. Kankemenag Kab. Karimun Drs, H Afrizal didampingi Ketua MUI Kab. Karimun H. Azhar Hasyim, BA.
Kemenag Kab. Karimun - Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah sabtu dan minggu (30-31/8/2014) melaksanakan kegiatan pemantapan teori manasik haji dan praktek haji dengan konsep Gladi Posko.

“Kegiatan ini merupakan upaya kita memberikan bimbingan kepada JCH Kabupaten Karimun yang akan berangkat tahun ini agar menjadi lebih mantap dan bisa menjadi haji yang mandiri.” Jelas Ka. Kankemenag saat membuka acara.

Dalam pemantapan teori, sabtu (30/8) panitia menghadirkan mantan Ka. Kanwil Kemenag Kepri Drs. H. Handarlin H. Umar dan Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun sebagai narasumber.

Selanjutnya pada hari minggu (31/8) sebanyak 134 JCH Kabupaten Karimun mengikuti kegiatan Gladi Posko yang dimulai dari rumah Dinas Bupati Karimun yang dilepas langsung oleh Bupati Karimun H. Nurdin Basirun. Turut hadir dalam pelepasan Gladi Posko, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Ketua MUI Kabupaten Karimun, Ketua IPHI Kabupaten Karimun, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Karimun dan beberapa Kepala KUA di Kabupaten Karimun.

“Gladi Posko ini merupakan rangkaian perjalanan yang akan dilakukan JCH di tanah suci nantinya. Sehingga jamaah bisa mendapat gambaran bagaimana rangkaian perjalanan haji yang akan mereka tempuh.” Ujar Drs. H. Samsudin Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Rumah Binas Bupati Karimun sebagai tempat awal Gladi Posko diibaratkan sebagai Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Disini jamaah diminta memakai pakaian Ihram.

Selanjutnya rombongan Gladi Posko berangkat ke Masjid Agung Karimun yang diibaratkan sebagai miniatur Mekah, disini peserta melaksanakan ibadah umrah. Berikut, peserta melakukan persiapan tarwiyah untuk berangkat ke Arafah.

Perjalanan Gladi Posko dilanjutkan ke Kantor Kemenag Kab. Karimun  yang diibaratkan sebagai Arafah. Usai melaksanakan praktek ibadah dan wukuf di Arafah peserta Gladi Posko melanjutkan perjalanan ke Mudzalifah dengan mengambil tempat di halaman Kantor Bupati Karimun. Setelah itu rombongan melanjutkan kembali perjalanan ke Mina dengan mengambil lokasi di halaman Masjid Agung Karimun untuk melaksanakan ibadah melempar Jumrah.

“JCH Kabupaten Karimun tahun ini bersama Kloter 15 BTH rencananya akan mengambil nafar sani, jadi mereka akan berada di Mina selama 4 hari.” tambah H. Samsudin.

Usai melempar Jumrah, selanjutnya peserta Gladi Posko kembali ke Mekkah  yang bertempat di Masjid Agung Karimun untuk melaksanakan tawaf Ifadah  dan tawaf wada’.  Peserta melanjutkan perjalanan mereka ke Masjid Baiturrahman di Teluk Air sebagai  Madinah. Disini peserta melaksanakan shalat arba’in dan ziarah ke tempat-tempat bersejarah. Dari Madinah ini mereka menuju ke Bandara Amir Mahmud bin Abdul Aziz di Madinah untuk pulang ke tanah air.

Untuk diketahui bahwa data JCH Kabupaten Karimun yang akan berangkat tahun 1435 H/2014 ini berjumlah 134 orang, dengan rincian berdasarkan kecamatan.

1.    Kecamatan Meral berjumlah 32 orang
2.    Kecamatan Tebing berjumlah 32 orang
3.    Kecamatan Karimun berjumlah 25 orang
4.    Kecamatan Kundur Barat berjumlah 20 orang
5.    Kecamatan Kundur berjumlah13 orang
6.    Kecamatan Kundur Utara berjumlah 7 orang
7.    Kecamatan Buru berjumlah 3 orang
8.    Kecamatan Moro berjumlah 2 orang

Dari 134 JCH Kabupaten Karimun tahun 2014 M/1435 H ini, jamaah termuda tercatat atas nama Raja Dwi Yuni Nurmanja Putri, wanita dengan umur 27 tahun dari Kecamatan Meral. Sedangkan jamaah tertua tercatat atas nama Kamariah Kamari Mukhtar, wanita,  umur dengan umur 84 tahun dari Kecamatan Tebing.

JCH Kabupaten Karimun 2014 M/1435  akan meninggalkan Kabupaten Karimun menuju ke Asrama Haji Batam pada tanggal 14 September 2014, keesokan harinya  tanggal 15 September 2014 berangkat menuju Jeddah dengan Kloter 15 Gelombang II keberangkatan Pertama. Lokasi rumah Pemondokan Jamaah Calon Haji (JCH) Kab. Karimun tahun 2014 / 1435 H nantinya berlokasi di Wilayah Mahbas Jin. Penempatan ini berdasarkan hasil Qur'ah (pengundian) yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI.

Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger