Pembukaan Manasik Haji Kabupaten Karimun Tahun 1436 H / 2015 M - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Pembukaan Manasik Haji Kabupaten Karimun Tahun 1436 H / 2015 M

Pembukaan Manasik Haji Kabupaten Karimun Tahun 1436 H / 2015 M

Written By Kemenag Karimun on Tuesday, 10 March 2015 | 08:52


Pembukaan Manasik Haji Kabupaten Karimun Tahun 1436 H / 2015 M

Karimun — Sebanyak 109 Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun mengikuti pembukaan Manasik Haji tahun 2015/1436 H (Minggu, 8/3/2015) yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun di Aula Darun Nadwah Masjid Agung Kabupaten Karimun. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun Drs H Afrizal.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah  Drs H. Samsudin mengatakan, jamaah calon haji yang mengikuti manasik tahap pertama ini merupakan yang masuk kuota tahun 2015 yang berjumlah 99 orang, sementara 10 orang lagi yang dimungkinkan ikut berangkat jika ada penambahan. 

“Jumlah ini belum tetap, ini baru berdasarkan kuota yang direlease Kementerian Agama, ini bisa saja bertambah sekiranya ada penambahan kuota. Atau sebaliknya bisa berkurang jika ada jamaah yang mengundurkan diri karena belum siap untuk berangkat tahun ini.” Jelasnya saat ditemui pagi ini, Selasa, 10/3/2015.

Lebih lanjut Drs. H. Samsudin mengatakan, setelah pembukaan ini hingga menjelang keberangkatan nanti jamaah calon haji akan terus dibekali dengan ilmu pelaksanaan ibadah haji serta persiapan untuk ditanah suci nantinya, misalnya masalah kesehatan, tata cara ibadah dan persiapan mental jamaah untuk menghadapi kondisi di tanah suci nantinya.

“Setelah ini akan dilanjutkan dengan pembinaan Manasik Haji di tingkat kecamatan sebanyak 7 kali, di tingkat kabupaten sebanyak 3 kali ditambah dengan pemantapan dan Gladi Posko.” Tambahnya.

Tujuan utama dari pembinaan Manasik Haji, menurut H. Samsudin, agar jamaah calon haji yang berangkat bisa mandiri, yakni tidak bergantung pada orang lain dalam melaksanakan ibadah hajinya.

“Selain itu, tujuan dari kegiatan pembinaan manasik haji ini pertama untuk memberikan pemahaman yang baik kepada jamaah Calon Haji tentang penyelenggaraan Ibadah Haji, kedua menambah pengetahuan Jamaah Calon Haji akan fiqh haji terutama Rukun  dan Wajib Haji dan terakhir sebagai upaya menumbuhkembangkan sikap yang baik dan komitmen bersama agar penyelenggaraan haji dapat terlaksana dengan baik dan benar.” Tutup H. Samsudin.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger