Drs. Riadul Afkar: Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Drs. Riadul Afkar: Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013

Drs. Riadul Afkar: Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013

Written By Kemenag Karimun on Tuesday, 28 April 2015 | 10:23

Drs. Riadul Afkar: Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013
Kabupaten Karimun – Kementerian Agama telah menentukan sikap terkait Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) untuk Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah Umum. Yakni menerapkan Surat Edaran Direktur Jenderal Nomor: SE/DJ.I/PP.00/143/2015 tentang Implementasi Kurikulum 2013 PAI pada Sekolah yang intinya melanjutkan pemberlakukan K-13 PAI pada Sekolah. Namun ada beberapa kendala guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 ini. Demikian yang disampaiakan oleh Drs. Riadul Afkar Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenega Kabupaten Karimun, Senin (26/4) saat menutup kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru PAI Tingkat SD.

“Diantara kendala itu, pertama sulitnya mengubah mindset guru, ini masalah utamanya karena mindset guru harus berubah juga seiring dengan berubahnya Kurikulum, banyak hal yang harus diadaftasi dan dipelajari lagi oleh guru. Kedua, adanya perubahan proses pembelajaran dari teacher centered ke student centered, sebagaimana kita ketahui dalam kurikulum 2013, guru harus pintar menjadi fasilitator agar siswa bertanya. Sayang, belum semua guru mampu melaksanakannya. Ketiga, budaya suka membaca dan meneliti masih rendah dikalangan guru kita, padahal guru dituntut untuk lebih banyak membaca agar tidak tertinggal dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi yang saat ini sangat cepat berkembang. Padahal, seorang guru dituntut untuk terus menambah pengetahuan dan memperluas wawasannya, terlebih setelah diberlakukannya kurikulum 2013.” ungkap Drs. Riadul Afkar

Satu hal lagi menurut Drs. Riadul Afkar adalah kurangnya penguasaan teknologi informasi oleh sebgahagian guru, lemahnya penguasaan bidang administrasi, dan ada kecenderungan guru yang lebih banyak menekankan aspek kognitif dalam memberikan pelajaran kepada anak didik. Padahal, semestinya guru juga harus memberikan porsi yang sama pada aspek afektif dan psikomotorik pada anak didik.

“ Jadi, dalam Kurikulum 2013 ini, guru harus bisa menjadi manusia pembelajar.Kurikulum 2013 ini menuntut guru untuk terus berkreasi dan berinovasi serta terus menambah pengetahuan dan wawasannya" pungkasnya.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger