Kemenag Karimun Sukses Gelar Kompetensi Sains Madrasah 2015



Karimun – Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini menuntut siswa madrasah agar bisa mengikuti perkembangan dan tidak tertinggal. Salah satu upaya tersebut yakni dengan diselenggarakannya Kompetensi Sains Madrasah atau biasa disingkat dengan KSM.

“Kompetensi Sains Madrasah (KSM) diharapkan mampu memupuk motivasi siswa madrasah untuk terus bersemangat mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, jadi diharapkan siswa madrasah kita itu selain memiliki Imtak (Iman dan Takqa) juga menguasai Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).” Ungkap Kepala Seksi Pendis Kemenag Kabupaten Karimun Drs. Riadul Afkar saat membuka KSM 2015 tingkat Kabupaten Karimun, Selasa (02/06) di MTsN Tanjungbatu.

Selanjutnya Drs. Riadul Afkar mengharapkan pula dengan KSM 2015 ini dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang handal di bidangnya dan mampu berkreasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Siswa madrasah diharapkan pula selalu meningkatkan daya nalar, kreativitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengangkat tema, “Mewujudkan Revolusi  Mental Bangsa Melalui Kekuatan Iman, Ilmu dan Amal Secara Seimbang Serta Kemampuan Analitis, Kritis, Kompetitif, Kreatif dan Inovatif” kegiatan KSM ini diikuti sebanyak 88 siswa madrasah dari tingkat MI, MTs dan MA dengan bidang lomba untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah lomba Matematika dan IPA, untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah lomba Matematika, Biologi dan Fisika dan tingkat Madrasah Aliyah lomba Matematika, biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.

“Secara umum KSM 2015 ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di Madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreatifitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah SWT dengan kompetensi yang sehat dan menjunjung tinggi sportifitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.” Jelas Ratna Susanty, S.Ag  selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Adapun secara khusus tujuan dari KSM ini lanjut Ratna Susanty, menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah, memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spritual berdasarkan nilai-nilai agama, menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah dan memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.

Comments