Safari Dzuhur Di Masjid Al-Jihad Baran I Kecamatan Meral - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Safari Dzuhur Di Masjid Al-Jihad Baran I Kecamatan Meral

Safari Dzuhur Di Masjid Al-Jihad Baran I Kecamatan Meral

Written By Kemenag Karimun on Thursday, 18 June 2015 | 14:02

Safari Dzuhur Di Masjid Al-Jihad Baran I Kecamatan Meral
Kabupaten Karimun - Rombongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Kamis (18/6/2015) melaksanakan Safari Dzuhur perdana di bulan ramadhan 1436 H. Safari perdana ini dilaksanakan di Masjid Al-Jihad Baran I Kecamatan Meral.

Usai shalat Dzuhur, kegiatan dipandu oleh pembawa acara H. Supriadi, S.Hi. Acara diawali dengan penyerahan bantuan Juz Amma kepada pengurus masjid dan dilanjutkan dengan ceramah singkat oleh Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Drs. H. Kholif Ihda Rifai.

Dalam ceramahnya, Drs. H. Kholif Ihda Rifai mengajak bahwa jamaah untuk benar-benar memanfaatkan nilai plus selama bulan ramadhan ini, dimana semua amal ibadah sunnah dinilai pahalanya sama dengan ibadah wajib dan ibadah yang wajib yang dikerjakan akan dinilai berlipat ganda.

"Dan kelebihan nilai ibadah ini tidak kita temukan di luar bulan ramadhan. Mumpung kita masih diberi kesempatan bertemu dengan ramadhan pada tahun ini, maka manfaatkanlah." jelasnya.

Bulan ramadhan ini, ungkap Drs. H. Kholif Ihda Rifai adalah bulan dimana kita dituntut untuk bisa mengendalikan hawa nafsu.

Menurut para ahli tasawuf nafsu itu terdiri beberapa tingkatan antara lain yang terdapat dalam Al-Qur’an adalah :

1. Nafsu Ammarah adalah nafsu yang suka menyuruh kepada kejahatan, seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Yusuf ayat 53 : Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan (Ammarahh Bissu’), kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha penyanyang. (QS. Yusuf [12] : 53)

2. Nafsu Lawwamah adalah berjuang antara kebaikan dan kejahatan, bila berbuat kebaikan menyesal kenapa tidak berbuat lebih banyak, apalagi kalau berbuat kejahatan, lebih sangat menyesal lagi, Seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Qiyamah ayat 2 : Dan Aku bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (Lawwamah) dirinya sendiri. (QS. Al-Qiyamah [75] : 2)

3. Nafu Musawwilah adalah nafsu yang pandai menipu, sehingga kejahatan tampak sebagai suatu kebaikan, seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Yusuf ayat 83 dan 18 : Ya'qub berkata : "Hanya dirimu sendirilah yang memandang baik perbuatan yang buruk (Musawwilah) itu. (QS. Yusuf [12] : 83 dan 18)

4. Nafsu Muthmainnah adalah nafsu yang tenteram, tenang, aman dan damai dalam mengingat Allah dan menjalankan perintah-Nya. seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Fajr ayat 27. "Hai jiwa yang tenang (Muthmainnah). Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang tenang lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku, Masuklah ke dalam syurga-Ku. (QS. Al-Fajr [89] : 27-30)

Terakhir, Drs. H. Kholif Ihda Rifai menyampaikan terimakasih kepada Pengurus dan jamaah Masjid Al-Jihad yang mau meluangkan waktu usai shalat  untuk mengikuti kegiatan Safari Dzuhur dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger