Ka. Kankemenag Karimun Buka MOS di MAN Karimun Filial Tanjung Pinang - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Ka. Kankemenag Karimun Buka MOS di MAN Karimun Filial Tanjung Pinang

Ka. Kankemenag Karimun Buka MOS di MAN Karimun Filial Tanjung Pinang

Written By Kemenag Karimun on Monday, 27 July 2015 | 12:38

Drs. H.Afrizal mengalungkan tanda peserta kepada salah satu siswa MAN Karimun Filial Tanjung Pinang, Senin (27/7)
Karimun (Humas) -  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal pagi tadi, Senin (27/7/2015) membuka secara resmi kegiatan Masa Orientasi Siswa atau biasa disingkat dengan MOS.

"Masa Orientasi siswa ini diadakan sebagai upaya menjembatani siswa baru mengenai berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan barunya, baik yang berupa lingkungan fisik, lingkungan sosial maupun proses belajar mengajar  yang akan dihadapi oleh para peserta didik baru." jelas Drs. H. Afrizal didampingi Wakil Kepala MAN Karimun Filial Tanjung Pinang M. Khairum, S.Ag.

M. Khairum, S.Ag selaku Wakil Kepala Madrasah menjelaskan bahwa sasaran MOS adalah siswa/i baru dalam hal ini kelas X, dengan mengikutsertakan siswa kelas XI, XII, para guru dan karyawan tata usaha dan diikuti sebanyak 68 siswa baru.

"Pada dasarnya kegiatan MOS ini bertujuan memberikan kesan yang positif dan menyenangkan kepada siswa baru tentang lingkungan sekolahnya yang baru. Mereka diharapkan mengawali kegiatan pendidikan dengan hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan fisik, lingkungan sosial termasuk norma-norma khusus yang berlaku di lingkungan sekolah barunya dengan pola pembelajaran yang baru." jelas M. Khairum, S.Ag.

Adapun tujuan khusus, jelas Khairum yakni; (1) Membantu siswa mengenal lebih dekat dengan lingkungan pendidikan sekolah yang baru, sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif. (2).  Mendorong siswa untuk bersikap proaktif dalam mengenali para guru, karyawan dan kakak-kakak kelasnya, sehingga ia merasa lebih aman dan nyaman sehingga tercipta rasa persaudaraan. (3). Membantu siswa baru agar mampu berapdaptasi dan menyatu dengan warga sekolah, lingkungan sekolah, mengetahui hak dan kewajiban serta mampu bertanggung jawab dalam kehidupan sekolah. (4). Mendorongan siswa untruk memulai kebiasaan belajar bersama, berkelompok melalui diskusi. (5). Memotivasi siswa agar merasa bangga terhadap sekolah yangdipilihnya sehingga dapat memahami dan melaksanakan aturan-aturan sekolah yang baru dengan baik. dan (6). Menyadarkan siswa untuk selalu menjaga nama baik dan memberikan konstribusi yang positif baik secara internal maupun eksternal kepada madrasah.

"Peserta kegiatan MOS di MAN Karimun ini adalah seluruh siswa baru kelas X Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 68 orang yang dibagi menjadi 7 kelompok, yaitu Gugus Raja Ali Haji, Gugus Hang Tuah, Gugus Badang Perkasa, gugus Tuanku Tambusai, gugus Sultan Syarif Kasim, gugus TengkuSulung, gugus Raja Haji Fisabilillah," jelas Khairum, S.Ag.

Masa orientasi Siswa (MOS) di MAN Karimun ini diselenggarakan selama 3 hari, dari tanggal 27 hingga 29 Juli 2015 dan akan diisi dengan berbagai materi dan kegiatan diantaranya pengenalan Profil MAN Karimun, Tata Tertib di MAN Karimun,  Program dan Cara Belajar,  Pengenalan Ekskul di MAN Karimun, Training Motivasi dan ada pula kegiatan Lintas Alam.

"Harapannya agar kegiatanMOS  ini dapat terlaksana dengan baik dari hari ini hingga penutupan nantinya dan tujuan yang kita harapkan bersama dapat tercapai." tutupnya.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger