K.H Rusli Amin, MA: Al-Quran Harus Dibaca, Dipahami dan Diamalkan - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » K.H Rusli Amin, MA: Al-Quran Harus Dibaca, Dipahami dan Diamalkan

K.H Rusli Amin, MA: Al-Quran Harus Dibaca, Dipahami dan Diamalkan

Written By Kemenag Karimun on Saturday, 4 July 2015 | 16:38

Karimun (Humas) - Al-Quran itu harus dibaca, dipahami dan diamalkan barulah Al-Quran itu bisa memberi manfaat, keberhasilan dan kemajuan. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh K.H Rusli Amin, MA saat menyampaikan ceramah pada peringatan Nuzulul Quran tingkat Provinsi Kepulauan Riau, Jumat malam (3/7/2015) di halaman Masjid Agung Kabupaten Karimun.

"Ajaran pokok dari Al-Quran yang menuntun kita untuk menuju kepada kemajuan, keberhasilan dan kejayaan. Banyak sekali ajaran Al-Quran yang menuntun kita menuju yang saya sebutkan diatas tadi. Betapa sempurnanya petunjuk Al-Quran. Betapa benarnya petunjuk Al-Quran akan berfungsi dan bermanfaat kepada manusia jika Al-Quran itu dibaca, diketahui maknanya dan diamalkan," jelasnya.

Ia mencontohkan kepada jamaah tentang sebuah buku yang mengajarkan tentang bagaimana menjadi kaya. Tetapi buku tersebut tidak pernah dibaca, dipahami apalagi dipraktekkan isinya.

"Kira-kira ibu bisa menjadi kaya tidak ?" tanyanya kepada jamaah yang hadir.

"Al-Quran ini betapa lengkapnya, sempurna petunjuknya, betapa benar petunjuknya, pertama harus dibaca, diketahui maknanya, diamalkan. Barulah kita bsia mencapai kemajuan, keberhasilan dalam hidup kita," tambahnya.

Lebih lanjut K.H Rusli Amin, MA membacakan sebuah hadits:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ،

yang artinya: Bacalah al-Qur’an karena sesungguhnya di hari kiamat nanti ia akan menjadi penolong kepada orang-orang yang membacanya.

Selanjutnya ia membacakan sebuah hadits lagi tentang keistimewaan Al-Quran lainnya, yakni diberikan pahala 10 kali lipat bagi orang yang membaca.

Ibnu Mas'ud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran ), ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10 kali ganjaran (pahala). Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HR Tirmidzi)

K.H Rusli Amin, MA juga menyampaikan bahwa Al-Quran itu merupakan obat sebagaimana Firman Allah SWT: 

 قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ وَالَّذِينَ لا يُؤْمِنُونَ فِي آذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى أُولَئِكَ يُنَادَوْنَ مِنْ مَكَانٍ بَعِيدٍ ٤٤

Artinya: “Katakanlah: ‘Al Qur’an itu adalah petunjuk dan obat penawar bagi orang-orang yang beriman” (QS Fushshilat : 44).

dan dalam Firman Allah SWT:

يَأايُّهَا النَّاسُ قَدْجَأءَتْكُمْ مَّوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَآءٌ لِّمَاَ فِى الصُّدُوُرِوَهُدًىوَرَحْمَةً

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. ” (QS Yunus: 57). dan Firman Allah SWT :

Rasulullah saw. juga bersabda, "Sebaik-baik manusia di antara kamu adalah orang yang mempelajari Al Qur'an dan mengajarkannya." katanya.

Acara peringatan Nuzulul Quran 1436 H ini dihadiri Gubernur Kepulauan Riau H. Muhammad Sani beserta rombongan ini tampak pula hadir mantan Kepala staf angkatan Laut Laksamana Marsetio.MM, Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Kepri Drs. H. Marwin, Bupati Karimun H. Nurdin Basirun bersama ibu dan wakil Bupati H.Aunur Rafiq bersama ibu, Kepala SKPD di lingkungan pemkab Karimun dan  Uspida Karimun, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta masyarakat Kabupaten Karimun. 

Acara peringatan juga diawali dengan pemberian bantuan kepada sejumlah lembaga dan perorangan, mulai dari masjid, fakir miskin, ibu-ibu BKMT, muallaf, guru TPQ/DTA, RT/RW dan lainnya.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger