95 ASN Di Lingkungan Kantor Kemenag Karimun Sukses Registrasi PUPNS

Karimun (Humas) - Tahun 2015 ini seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia termasuk ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Karimun diwajibkan mengisi data pegawainya melalui e-PUPNS.

“Sampai hari ini, dari 122 pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun sudah sukses registrasi sebanyak 95 orang, jadi ada 27 orang yang belum registrasi,” jelas Sunarto Agung Budi Purnomo,S.Sos sebagai verifikator Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, Selasa (15/9/2015)

Untuk diketahui, Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil atau disingkat dengan PUPNS adalah proses pemutakhiran data oleh masing-masing PNS melalui sistem teknologi informasi yang meliputi tahap pemutakhiran data oleh setiap PNS serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh Instansi Pusat maupun Daerah.

Adapun proses pelaksanaan e-PUPNS ini; (1). PNS melakukan pendaftaran untuk mendapatkan nomor registrasi yang akan digunakan dalam pengisian formulir e-PUPNS, (2). Pengisian formulir e-PUPNS terdiri dari Data Utama PNS, Data Posisi, Data Riwayat, Data untuk PNS Guru (hanya diisi oleh Guru), Data Stakeholder antara lain memuat Bapertarum, BPJS Kesehatan dan Kartu Pegawai elektronik, selanjutnya (3). Verfikasi data yaitu pemeriksaan kembali kesesuaian antara data dengan bukti fisik terlampir oleh petugas verifikator.

Jadwal pelaksanaan e-PUPNS ini dilaksanakan oleh Biro Kepegawaian paling lambat akhir bulan agustus 2015 sedangkan pengisian formulir e-PUPNS dilaksanakan sampai akhir bulan November 2015 dan proses verifikasi dilaksanakan hingga bulan desember 2015. Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi situs resminya di https://pupns.bkn.go.id.

“Usai registrasi, diverifikasi selanjutnya pegawai bisa login dan mengisi datanya di PUPNS. Kendala utama selama ini adalah sulitnya mengakses situs pupns.bkn.go.id dan itu bisa disiasati dengan mengunjungi situs tersebut saat jam tidak sibuk seperti waktu sore, malam atau subuh hari,” jelas Sunarto Agung yang saat ini menjabat sebagai Analisis Kepegawaian.

Comments