H. Samsudin Beri Penjelasan Tentang Fiqh Haji Kepada JCH Karimun 1436 H/2015 M - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » H. Samsudin Beri Penjelasan Tentang Fiqh Haji Kepada JCH Karimun 1436 H/2015 M

H. Samsudin Beri Penjelasan Tentang Fiqh Haji Kepada JCH Karimun 1436 H/2015 M

Written By Kemenag Karimun on Sunday, 6 September 2015 | 18:23

Karimun (Humas) - Dalam kegiatan Pembinaan Jamaah Calon Haji Persiapan Keberangkatan yang diselengarakan oleh Kankemenag Kabupaten Karimun, Minggu (6/9/2015) di Gedung Nasional, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah H. Samsudin kembali mengulang tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji kepada JCH Karimun yang akan berangkat besok menuju embarkasi batam.

"Apa yang saya sampaikan ini, hanya sekadar mengulang-ulang untuk mengingat-ingat apa yang sudah dipelajari pada manasik-manasik sebelumnya," ungkap H. samsudin memulai.
 
"Haji ialah berkunjung ke Baitullah pada bulan haji untuk melakukan thawaf, sai, wukuf di arafah dan amalan lainnya dengan niat haji untuk mencapai ridha Allah SWT sedangkan Umrah ialah berkunjung ke Baitullah untuk melakukan thawaf, sai dan bercukur untuk mengharapkan ridha Allah SWT," jelasnya.
Pelaksanaan ibadah haji, jelas H. Samsudin ada tiga, yakni Haji Ifrad, Haji Tamattu dan Haji Qiran. Sedangkan perjalanan ibadah haji bagi jamaah dari Karimun biasanya menggunakan Haji Tamattu dan terkadang melalui gelombang pertama dan terkadang gelombang kedua.
"Gelombang pertama jalurnya ke Batam terus menuju ke Bandara Madinah Amir Muhammad Bin Abdul Aziz, Madinah, Bir Ali, Makkah, Arafah, Muzdalifah, Mina, Makkah, Madinatul Hajj, dan kembali ke tanah air melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah menuju Batam." ungkapnya.
"Sedangkan gelombang kedua yang akan dilalui oleh jamaah kita sekarang ini jalurnya ke Batam terus menuju Bandara King Abdul Aziz di Jeddah, Makkah, Arafah, Muzdalifah, Mina, Makkah, Madinah terus kembali ke tanah air melalui Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz di Madinah menuju Batam," lanjutnya.
Selanjutnya H. Samsudin menjelaskan secara mendalam kepada semua peserta tentang rangkaian kegiatan ibadah haji, dimulai dari berihram hingga thawaf wada'.
 
Untuk diketahui bahwa JCH Karimun tahun 1436 H/2015 M yang akan berangkat berjumlah 107 orang, terdiri dari 22 orang dari Kecamatan Karimun, 17 orang dari Kecamatan Meral, 27 orang dari Kecamatan Tebing, 5 orang dari Kecamatan Meral Barat, 21 orang dari Kecamatan Kundur, 8 orang dari Kecamatan Kundur Barat, 2 orang dari Kecamatan Kundur Utara, 2 orang dari Kecamatan Moro, 2 orang dari Kecamatan Buru dan 1 orang dari Kecamatan Durai.
Untuk diketahui pula bahwa jamaah calon haji Kabupaten Karimun yang berasal dari luar pulau Karimun sebanyak 36 orang terdiri dari 15 laki-laki dan 21 perempuan dan jamaah calon haji dari pulau Karimun sebanyak 71 orang, terdiri dari 31 laki-laki dan 39 perempuan.
 
JCH Kabupaten Karimun tahun 1436 H/2015 M berjumlah 107 orang ini dan akan bergabung dengan JCH dari Kota Batam sebanyak 243 orang dan dari Provinsi Kalimantan Barat berjumlah 92 orang.
 
Jika tidak ada perubahan, JCH Karimun di Mekkah akan menempati wilayah Jarwal, Maktab 47, sektor 7 dan nomor Hotel 701 dengan nama Hotel Wihda Tower dengan jarak lebih kurang 2 km dari Makkah.
 
JCH dari Karimun akan memasuki Asrama Haji Batam pada pukul 11.00 WIB pada tanggal 7 September 2015 dan akan terbang menuju Bandara Jeddah pada tanggal 8 September 2015 pada pukul 10.40 WIB dan akan tiba pada pukul 15.35 WAS dengan pesawat Boing 747 SV 5217.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger