Safari Maghrib di Masjid Al-Muttaqin Telaga Tujuh - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Safari Maghrib di Masjid Al-Muttaqin Telaga Tujuh

Safari Maghrib di Masjid Al-Muttaqin Telaga Tujuh

Written By Kemenag Karimun on Friday, 11 September 2015 | 09:24

Karimun (Humas) - Kamis malam (10/9/2015), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) kembali melaksanakan kegiatan maghrib mengaji/magrib keliling atau kini lebih dikenal dengan Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji (GM3).

Kali ini kegiatan GM3 dilaksanakan di Masjid Al-Muttaqin jalan Sukajadi Telaga Tujuh Kelurahan Sungai Lakam Barat Kecamatan Karimun.

Acara yang dipandu oleh Adi Satria, S.Ag. salah satu pegawai seksi Bimas Islam ini dimulai dengan sambutan dari pengurus Masjid Al-Muttaqin yang disampaikan oleh bapak Sofyan.

"Alhamdulillah, dengan kehadiran dari Kantor Kementerian Agama dan KUA kami sangat bersyukur dan sangat suprise. Seharusnya kita bersama-sama menggerakkan seluruh masyarakat untuk menyukseskan gerakan GM3 ini, karena gerakkan ini mengajak kepada yang baik yakni mengajak kita kembali menggalakkan membaca Al-Quran." ungkap pak Sofyan.

Selanjutnya sambutan dari Kepala Kantor Kementerian Agama yang diwakili oleh Kepala Seksi Penhelenggaraan Haji dan Umrah Drs. H. Samsudin.

"Kami sangat senang bisa bersilaturrahmi bersama pengurus dan jamaah masjid Al-Muttaqin karena rahmat dari Allah SWT jualah kita bisa bertemu di rmah Allah ini. Kegiatan GM3 ini telah kita mulai sejak tahun 2013, kenapa kegiatan ini digalakkan, karena kalau bapak ibu ingat, dulu kita pakai pelita untuk mengaji tapi sangat semangat untuk mengaji. Tapi sekarang, sudah terang benderang, tetapi kegemaran membaca Al-Quran mulai berkurang. Jadi tolong pak, bu, setelah magrib matikan TV kita, ajak seluruh anak dan istri kita untuk mengaji," pintanya.

Kegiatan maghrib keliling kali ini diikuti oleh pejabat dan  pegawai Kemenag Kabupaten Karimun, Ka. KUA Kecamatan Karimun, Kecamatan Meral, dan Kecamatan Tebing dan sejumlah penyuluh agama Islam.

Selanjutnya ceramah agama singkat yang disampaikan oleh ustadz Guntur Abu Husein salah satu penyuluh agama Islam honorer dari Kecamatan Karimun.

Dalam ceramahnya, ia menyampaikan jika Allah ingin memberi kebaikan kepada seseorang maka Allah akan berikan pemahaman agama kepada mereka.

"Dan kebaikan itu akan diterima orang tersebut baik di dunia maupun akhirat." Ungkapnya.

Selanjutnya ia menyampaikan sebuah kisah tentang sebuah keutamaan berzikir dengan mengambil kisah dari Imam Ahmad bin Hambal. Imam Ahmad merupakan imam yang terkenal dizamannya namun banyak orang yang tidak mengenal wajahnya.

Suatu ketika, kisah ustadz Guntur bahwa Imam Ahmad bin Hambal yang merupakan salah satu murid Imam Syafi'i pernah pergi ke Syam dan ingin tidur di masjid tetapi ditolak oleh pengurus masjid sampai datang seorang pemuda untuk menginap di rumahnya yang kecil dan sederhana.

"Imam Ahmad melihat ada yang menarik dari pemuda tersebut dan bertanya kepada pemuda tersebut; sejak tadi aku  melihat lidahmu terus bergerak, apa yang engkau ucapkan, pemuda itu menjawab aku mengucapkan subhanallah, walhamdulillah wallahhuakbar." kisahnya.

"Imam Ahmad takjub dan bertanya lagi sejak kapan ia memulai amalan tersebut, pemuda itu menjawab, sejak aku mendengar hadist nabi tentang keutamaan berzikir. Mendengar jawaban tersebut Imam Ahmad makin takjub dan bertanya lagi, apa yang engkau dapatkan setelah istiqomah dengan amalan zikir tersebut, ia menjawab semua doa saya dikabulkan tapi ada satu yang belum dikabulkan Allah SWT. Imam Ahmad pun bertanya apa yang belum dikabulkan itu? Pemuda itu menjawab, doa yang belum dikabulkan ialah bertemu dengan Imam Ahmad bin hambal." kisahnya.

Mendengar jawaban tersebut Imam Ahmad bin Hambal terharu, dan menjawab "akulah Imam Ahmad bin Hambal".

"Banyangkan hanya dengan berzikir, amalan yang ringan dan tidak butuh biaya tetapi mempunyai nilai yang luar biasa yakni doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT." ungkapnya.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger