Arah Dan Kebijakan Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri Tahun 2015 - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Arah Dan Kebijakan Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri Tahun 2015

Arah Dan Kebijakan Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri Tahun 2015

Written By Kemenag Karimun on Wednesday, 21 October 2015 | 13:07

Karimun (humas) – Salah satu tujuan dalam pembangunan di bidang agama adalah peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan beragama dengan sasaran meningkatnya kualitas dan ketersediaan bimbingan dan fasilitasi keagamaan. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh  Drs. H. Erman Zaruddin, M.Mpd Kabid Bimas Islam  Kanwil Kemenag Kepri saat menyampaikan materi pada kegiatan Musyawarah kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Selasa (20/10/2015) bertempat di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Karimun.

“Dari 7 misi yang diemban Kementerian Agama  salah satunya adalah meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama. Dan salah satu tujuan pembangunan dalam bidang agama adalah peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan beragama dengan sasaran meningkatnya kualitas dan ketersediaan bimbingan dan fasilitasi keagamaan.” Ungkap H. Erman Zaruddin.

Selanjutnya H. Erman Zaruddin mengatakan bahwa  visi dari Bimas Islam Kanwil Kemenag  Kepri saat ini adalah terwujudnya masyarakat Islam Indonesia yang taat beragama, maju, sejahtera, cerdas, dan toleran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam wadah NKRI.
 
“Misi Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri ada 5; Pertama, mengoptimalkan pelayanan perkawinan, ketahanan keluarga sakinah, produk halal, pemberdayaan masjid dan pembinaan syariah; Kedua, meningkatkan penyuluhan dan pendidikan  agama pada masyarakat, kemitraan umat,  pemberdayaan lembaga keagamaan, seni budaya dan dakwah Islamiyah.” Paparnya.

Selanjutnya misi yang ketiga, lanjut mantan Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun adalah mengefektifkan penyuluhan kesadaran berzakat, infaq dan sedekah, pemberdayaan zakat dan penguatan kapasitas kelembagaan zakat; Keempat, meningkatkan bimbingan dan penyuluhan wakaf, perlindungan aset wakaf, pemberdayaan dan kemitraan strategis dalam pengelolaan wakaf produktif, serta penguatan terhadap kapasitas kelembagaan wakaf dan Kelima, mengoptimalkan pelayanan sistem informasi, sumber daya manusia, keuangan dan pelayanan umum.

“Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepri saat ini ada 9 program prioritas, yakni Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya Kementerian Agama, Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Negara Kementerian Agama, Program Bimbingan Masyarakat Islam, Program Pendidikan Islam, Program Penyelenggaraan Pembinaan dan Pengelolaan Haji dan Umrah, Program Bimbingan Masyarakat Kristen, Program Bimbingan Masyarakat Katolik, Program Bimbingan Masyarakat Hindu dan Program Bimbingan Masyarakat Buddha.” Lanjutnya.

Dan khusus di Bimbingan Masyarakat Islam ada  5 Kegiatan Prioritas, yakni Pengelolaan dan Pembinaan Pemberdayaan Wakaf, Pengelolaan dan Pembinaan Pemberdayaan Zakat, Pengelolaan dan Pembinaan Penerangan Agama Islam, Pengelolaan urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah dan Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya Ditjen Bimas Islam .
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger