Ka.Kankemenag Karimun Minta Penyusunan Anggaran Harus Efektif dan Efesien



Karimun (Humas) -  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Afrizal meminta dalam penyusunan anggaran harus efektif dan efesien agar tujuan yang sudah ditetapkan bisa tercapai. Hal ini disampaikannya saat membuka kegiatan Penyusunan Rencana Kerja & Anggaran Tahun 2016, Senin (5/10/2015) di Aula Kankemenag Kabupaten Karimun.

“Dengan kegiatan ini diharapkan kita bisa menyusun anggaran yang efektif dan efesien sehingga saran dan tujuan yang hendak kita capai bisa terwujud, sehingga kegiatan-kegiatan bisa berguna dan dirasakan manfaatnya” pintanya.

Ia menambahkan, pengelolaan perencanaan hendaknya dibentuk atas anggaran berbasis kenerja yang pada dasarnya akan dituangkan dalam RKAKL lembaga.

“Perlunya perencanaan yang baik sehingga tidak terjadi berkali-kali revisi. Revisi itu memakan waktu yang akan berdampak pada realisasi anggaran,” ungkapnya.

Ia menghimbau bahwa program yang akan direncanakan pada masa yang akan datang haruslah berpedoman pada dua prinsip utama; efektif dan efisien. Efektif, dimana anggaran negara harus digunakan untuk peningkatan kualitas. Efisien, kegiatan yang akan diprogramkan tidak boleh boros. 

Satu hal lagi yang ditegaskannya adalah pentingnya data dalam penyusunan anggaran karena tanpa data mustahil perencanaan disusun dengan baik.

“Pentingnya data ini dalam penyusunan anggaran, contohnya ketika akan menganggarkan sertifikasi tanah wakaf, maka dibutuhkan jumlah tanah wakaf yang valid,” paparnya.

Comments