Kemenag Karimun Persiapkan Laporan Triwulan III TA 2015 di e-Monev - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Kemenag Karimun Persiapkan Laporan Triwulan III TA 2015 di e-Monev

Kemenag Karimun Persiapkan Laporan Triwulan III TA 2015 di e-Monev

Written By Kemenag Karimun on Thursday, 8 October 2015 | 15:46



Karimun (Humas) – Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2006 tentang Tatacara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun akan menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan di triwulan II tahun anggaran 2015 ini melalui aplikasi e-Monev.

Pelaporan triwulan III Tahun Anggaran 2015 ini juga berdasarkan surat yang disampaikan oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI dengan nomor SJ/B.I/1/KU.00/7380/2015 tertanggal 01 Oktober 2015.

“Untuk pelaporan e-Monev di triwulan III tahun anggaran 2015 ini sudah harus di lapor melalui e-Monev paling lambat 20 Oktober 2015. Pelaporan ini melalui aplikasi e-Monev yang beralamat di e-monev.bappenas.go.id,” jelas Faranudia Julfirdana yang ditugaskan menangani e-Monev. Kamis (8/10/2015).

Faranudia menjelaskan bahwa dengan sistem e-monev, Kementerian Agama Kabupaten Karimun dapat memberikan laporannya dengan lebih cepat sehingga tidak perlu lagi mengirim laporan berupa email maupun dalam bentuk kertas.

Untuk diketahui bahwa E-Monev yang dikelola oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ini  memonitoring dan mengevaluasi pembangunan secara elektronik sehingga mempermudah para penanggung jawab program di berbagai instansi di Kementerian dan Lembaga.

“Pelaksanaan e-monev ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 dan telah disusun sejak 2011 ditujukan untuk membuat sistem monitoring dan evaluasi (monev) berbasis web. Sistem e-Monev ini dapat memberikan data yang lengkap tanpa mesti meminta data langsung ke instansi terkait sehingga sistem pelaporan menjadi lebih cepat.” tambah Faranudia.

Faranudia Julfirdana yang saat ini menjabat sebagai Penyusun Bahan Program dan Evaluasi juga menjelaskan, tahap pertama dalam pembangunan adalah perencanaan, kemudian menentukan kebijakan, sasaran-sasaran, dan target. Dari program yang diprioritaskan dialokasikan dana, pelaksanan program, dan terakhir masuk keuangan.

“Dan terakhir adalah evaluasi. Evaluasi adalah siklus akhir dari perencanaan pembangunan nasional. Jadi dengan e-Monev ini berguna untuk mengetahui bahwa apakah program-program yang direncanakan dilaksanakan dengan baik atau tidak. Selain itu, dengan monev, dapat diberikan umpan balik perencanaan tersebut, jika tidak baik, berarti harus diperbaiki," pungkasnya.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger