DMI Kabupaten Karimun Beri Pembekalan dan Pembinaan Kepada Pengurus Masjid - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » , » DMI Kabupaten Karimun Beri Pembekalan dan Pembinaan Kepada Pengurus Masjid

DMI Kabupaten Karimun Beri Pembekalan dan Pembinaan Kepada Pengurus Masjid

Written By Kemenag Karimun on Tuesday, 24 November 2015 | 16:06


Karimun (Humas) - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Karimun Minggu (22/11/2015) lalu bertempat di Aula Darun Nadwah Masjid Agung Kabupaten Karimun memberikan Pembekalan dan Pembinaan Kepada Pengurus Masjid.

Kegiatan Pembekalan dan Pembinaan Kepada Pengurus Masjid ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pengukuhan Kepengurusan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Karimun untuk masa bhakti 2015-20120 yang dikukuhkan oleh Ketua DMI Provinsi Kepri H. Husrin Hood, SH, MH., M.Pd.I.

Acara yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB tersebut diawali dengan penyajian materi tentang pemberdayaan umat melalui masjid yang disampaikan oleh Ketua DMI Kabupaten Karimun Drs. H. Jamzuri.

“Selain itu, ada juga materi Penguatan Kelembagaan DMI Dalam Perspektif Global yang disampaikan oleh Ketua DMI Provinsi Kepri H. Husrin Hood, SH, MH., M.Pd.I. dan ada juga materi Kebijakan DMI Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Umat oleh Drs. H. Mastur Taher, M.Pd. yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Umum DMI Provinsi Kepri.” ungkap Dedi Irawan selaku  ketua panitia pelaksana.

Dedi Irawan juga menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan Pembekalan dan Pembinaan Kepada Pengurus Masjid ini untuk mengoptimalkan potensi pengurus masjid dalam memberdayakan dan memfungsikan masjid, meningkatkan peran khatib, imam dan bilal dalam memakmurkan masjid, serta menambah wawasan dan pengetahuan dalam pengelolaan masjid.

‘‘Fungsi masjid sekarang ini masih sebatas pada pelaksanaan ibadah shalat saja, padahal masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja tapi juga sebagai pusat kegiatan kemasyarakatan, Jadi harapkan dengan kegiatan ini pengurus masjid bisa lebih memberdayakan lagi fungsi masjid selain untuk ibadah juga bisa untuk kegiatan sosial dan ekonomi.’’ jelasnya.

Untuk diketahui bahwa sampai saat ini jumlah masjid di Kabupaten Karimun ada 221, mushalla 47 dan surau 182 yang tersebar di 12 kecamatan yang saat ini sebagian belum memiliki IMB Rumah Ibadah dan saat ini sedang diupayakan oleh DMI Kabupaten Karimun untuk kepemilikan IMB-nya.


Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger