Guru PAI Punya Peran Penting Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Nasional - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Guru PAI Punya Peran Penting Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Nasional

Guru PAI Punya Peran Penting Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Nasional

Written By Kemenag Karimun on Sunday, 29 November 2015 | 07:29

Karimun (Humas) -  Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Riadul Afkar menyampaikan bahwa guru PAI sangat berperan penting dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional.

Hal ini disampaikannya saat menyampaikan materi tentang profesionalisme guru dalamkegiatan Pengembangan Bahan Ajar PAI Dengan ICT yang dilenggarkaan oleh MGMP-PAI SMA/SMK Kabupaten Karimun, jumat (27/11/2015) bertempat di aula  pertemuan jamiatul birri Masjid Agung Karimun.

"Pendidikan Nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat dan berilmu, cakap dan kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab," jelas H. Riadul Afkar.

Agar peserta didik bisa menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa tersebut, lanjut H. Riadul Afkar sangat dibutuhkan peran dari guru Pendidikan Agama khususnya guru Pendidikan Agama Islam pada sekolah.

"Guru Pendidikan Agama Islam pada sekolah sebagaimana guru mata pelajaran lainnya dituntut untuk memiliki kemampuan dan kompetensi sebagaimana disebut dalam Peraturan Menteri Agama nomor 16 tahun 2010 yaitu setiap guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional dan kepemimpinan." lanjut H. Riadul Afkar.

Pengembangan keempat kompetensi tersebut, masih menurut H. Riadul Afkar perlu terus dikembangkan, baik melalui pendidikan, pelatihan maupun kerja kelompok atau organisasi profesi seperti KKG PAI SD dan MGMP-PAI SMP/SMA/SMK.

"Saat ini, dalam upaya memotivasi dan meningkatkan kinerja KKG-MGMP-PAI, Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Pusat telah memprogramkan kegiatan apresiasi MGMP-PAI SMP/SMA/SMK untuk semua Kabupaten Kota. Dengan kegiatan apresiasi ini diharapkan dapat meningkatkan eksistensi dan kinerja KKG-MGMP-PAI sebagai organisasi profesi guru baik dalam hal peningkatan profesionalitas guru, media komunikasi antar  pendidik dan organisasi kelembagaannya." ungkap H. Riadul Afkar lagi.

Disamping itu, H. Riadul Afkar juga berharap dari kegiatan Pengembangan Bahan Ajar PAI dengan ICT yang dilenggarkaan oleh MGMP-PAI SMA/SMK Kabupaten Karimun ini bisa melakukan pendataan kondisi dan permasalahan yang ada serta mencari solusi-solusi sebagai pemecahannya.





Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger