Pembelajaran PAI Berbasis ICT lebih Efektif dan Efesien.

Karimun (Humas) - Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah memegang peran penting  dalam pembentukan moral siswa. Untuk itu, guru agama Islam harus mampu membuat proses pembelajaran PAI menjadi menarik hingga memotivasi mereka untuk mendalami ajaran agama Islam, termasuk dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information Communication Technology (ICT).

Dalam suatu proses kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam aspek media pembelajaran termasuk bagian terpenting karena fungsi utama media pengajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi hasil belajar.

“Selain bisa menumbuhkan motivasi dan minat siswa, media pengajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman siswa, guru bisa menyajikan data dengan menarik dan bisa meringkaskan informasi yang panjang hanya dalam bentuk gambar atau video dan lebih menarik siswa.” Jelas Zulkifli yang menjadi narasumber dalam kegiatan Pengembangan Bahan Ajar PAI Dengan ICT yang dilaksanakan oleh MGMP PAI SMA di aula pertemuan Jamiatul Birri Masjid Agung Karimun.

Saat ini semua guru termasuk guru PAI sangat didorong untuk menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi atau biasa dikenal dengan TIK atau dalam bahasa inggrisnya ICT (Information Communication Technology). 

Pemanfaatan ICT dalam proses pembelajaran biasanya menggunakan perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software beserta aplikasinya, seperti: perangkat komputer yang tersambung internet, LCD atau proyektor, CD pembelajaran, televisi dan lainnya.

“Di era internet ini kita dapat dengan mudah mengakses informasi apa saja dengan melakukan browsing. Beberapa layanan di internet bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran seperti dari mesin pencari,mailing –list, email, media sosial, website maupun blog dan lain sebagainya.” Tambah Zulkifli.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini juga sangat banyak aplikasi atau progam yang bersifat gratis bisa digunakan sebagai media pembelajaran, seperti aplikasi perhitungan zakat, aplikasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, aplikasi perhitungan warisan, dan lainnya bisa didapatkan di versi web atau smartphone.

“Pembelajaran PAI harus menarik dan menyenangkan. Sekarang ini, penggunaan ICT dalam pembelajaran PAI adalah keharusan. Selain menguasai materi, guru juga dituntut menguasai teknik pembelajaran berbasis ICT,” tambahnya.

Namun ia mengingatkan ICT hanyalah sarana yang fungsinya untuk menunjang pembelajaran agar lebih menarik, menyenangkan, mudah dipahami, mudah penyajiannya.

“Singkatnya dengan ICT maka pembelajaran bisa lebih efektif dan efisen,” pungkasnya.

Comments

  1. Sangat setuju, karena ICT akan mensukseskan kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete

Post a Comment