Skip to main content

Peran Kemenag Dalam Pembinaan Pendidikan Islam di Kabupaten Karimun

Karimun (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs.  H. Afrizal, Sabtu  (7/11/2015) dalam kegiatan Rakor Pendidikan Islam menyampaikan tentang Peran Kementerian Agama dalam Pendidikan Islam.

“Pendidikan Agama menempati posisi strategis karena spiritnya telah tercantum secara tegas di dalam rumusan sila Pertama Pancasila, pembukaan uud 1945, dan juga dalam uud 1945 pasal 31, ayat (3) dinyatakan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,” ungkapnya.

Selanjutnya ia juga menjelaskan bahwa dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia  1) yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2) berakhlak mulia, 3) sehat, 4) berilmu, 5) cakap, 6) kreatif, 7) mandiri, dan 8) menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Salah satu dari 7 misi Kementerian Agama tahun 2015-2019 adalah meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama, pendidikan agama pada satuan pendidikan umum, dan pendidikan keagamaan,” terangnya.

H. Afrizal juga menyampaikan bahwa Kementerian Agama tahun 2015-2019 sudah menetapkan kebijakan dalam memperluas akses dan meningkatkan mutu Pendidikan Islam, meliputi; meningkatkan akses dan mutu pendidikan anak usia dini  paud (ra/ba), meningkatkan akses dan mutu pendidikan dasar-menengah (wajib belajar 12 tahun) MI, MTS & MA, meningkatkan penyediaan sarana prasarana pendidikan yang berkualitas, meningkatkan mutu peserta didik, meningkatkan jaminan kualitas (quality assurance) kelembagaan pendidikan.

“Dalam meningkatkan layanan pendidikan keagamaan yang berkualitas, kementerian agama sudah menetapkan; peningkatan ketersediaan pelayanan lembaga pendidikan keagamaan formal, pemberian dana biaya operasional santri (bos) bagi santri/siswa pada pendidikan keagamaan, penyediaan kitab atau buku keagamaan yang diajarkan pada lembaga pendidikan keagamaan dan peningkatan mutu lembaga/yayasan penyelenggara pendidikan keagamaan,” tambahnya.

Terakhir, Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun juga memaparkan beberapa jenis bantuan yang sudah pernah diberikan kepada lembaga Pendidikan Islam di Kabupaten Karimun, diantaranya; Bantuan Operasional Madrasah (BOS), Bantuan Sarana Dan Prasarana (RKB, Rehab dan Alat Peraga), Sertifikasi Guru PNS Dan NON-PNS, Tunjangan Guru NON-PNS, Tunjangan Khusus Guru NON-PNS, Pemilihan Guru Dan Kepala Madrasah  Berprestasi, Pembinaan Guru Dan Kepala Madrasah, Bimbingan Teknis Kurikulum 2013.

“Ada juga Diklat Guru Pendidikan Agama Dan Guru Mapel Umum Pada Madrasah, Bantuan Buku Kurikulum 2013 Bagi Madrasah, Penilaian Madrasah Sehat, Pembinaan GPAI Pada Sekolah, Sertifikasi Guru PAI  PNS Dan NON PNS Pada Sekolah, Beasiswa S2 Bagi Guru PAI PNS Dan Non PNS Pada Sekolah dan Visiting Guru PAI SD Dari Kementerian Agama RI,” ungkapnya.

Selanjutnya bantuan yang pernah diberikan untuk siswa Madrasah diantaranya Kegiatan Lomba Aksioma, Kegiatan Lomba Loketa, Kegiatan Lomba KSM, Bantuan  BSM, Bantuan KIP, Pembinaan Bagi Siswa-siswi, Pembinaan Pesantren Kilat, Bantuan BOP b”agi lembaga TPQ, DTA dan Pondok, Bantuan Gedung Pondok Pesantren, Pendirian Ponpes Perbatasan Mutiara Bangsa dan Pembinaan bagi Guru TPQ, DTA, dan Pondok Pesantren.

“Ada juga bantuan bagi santri TPQ, DTA dan Pondok Pesantren, Lomba Porsadin Pekan (Olahraga dan Seni Diniyah), MKQ Bagi Pondok Pesantren, Pospeda Pekan Olah Raga Pondok Pesantren, Bantuan BOS Bagi Santri Wajib Dikdas Pondok Pesantren dan Bantuan KIP Untuk Santri Wajar Dikdas Pondok Pesantren.” Pungkasnya.

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…