Rudy Harahap, S.Ag: Hubungan Suami dan Istri Menurut Fiqh Munakahat - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Rudy Harahap, S.Ag: Hubungan Suami dan Istri Menurut Fiqh Munakahat

Rudy Harahap, S.Ag: Hubungan Suami dan Istri Menurut Fiqh Munakahat

Written By Kemenag Karimun on Wednesday, 4 November 2015 | 14:23



Karimun (Humas) – Kepala KUA Kecamatan Karimun Rudy Harahap, S.Ag mengatakan bahwa dalam Fiqh Munakahat sudah diatur tentang etika hubungan suami dan istri begitu pula dengan hak dan kewajiban suami istri. 

Hal ini disampaikan Rudy Harahap dihadapan 22 pasang calon pengantin yang sedang mengikuti Kursus Pra Nikah yang dilaksanakan oleh oleh Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kabupaten Karimun, Rabu (4/11/2015) di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Karimun.

“Dalam Munakahat sudah diatur etika dalam melaksanakan hubungan suami istri, yakni ; mandi, berwudlu dan sholat sunnah, memilih waktu dan tempat yang tepat, memberi salam dan membaca do’a, tidak berpakaian dan menutupi tubuh; bermesraan dan bercumbu rayu; membaca basmalah dan doa saat memulai jimak; membaca hamdalah dan berdo’a ketika ejakulasi; membersihkan dzakar dan berwudlu ketika akan mengulangi dan setelah jima’ dan terakhir mandi janabah.” Papar  Rudy Harahap panjang lebar.

Ka. KUA Kecamatan Karimun ini juga mengingatkan tentang hal-hal yang dilarang saat dan setelah berhubungan, yakni jimak saat istri haid atau nifas; menyetubuhi dubur istri; jimak di waktu ihrom; jimak ketika sedang I’tikaf; jimak di siang hari bulan ramadhan; melihat kemaluan ketika sedang Jimak; jimak terputus; menyebarkan rahasia jimak suami istri.

Berikut adalah doa-doa yang diajarkan dalam Islam ketika akan berhubungan suami-istri.

Perjumpaan dengan Istri :
اللهمّ انّي أسئلك خيرها وخيرما جبلتها عليه, وأعوذبك من شرّها وشرّما جبلتها عليه

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kebaikan istriku kepada-Mu dan kebaikan tabiat yang telah engkau tabiatkan kepadanya. Dan aku berlindung kepada engkau dari kejelekan istriku dan kejelekan tabiat yang engkau tabiatkan kepadanya.”

Saat memulai berhubungan :
بسم الله اللهمّ جنّبنا الشيطان وجنّب الشيطان مارزقتنا

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari sesuatu yang telah engkau rezekikan kepada kami.” 

بسم الله العلي العظيم. اللهمّ اجعلها ذرّية طيّبة ان كنت قدّرت ان تخرج ذلك من صلبي

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Luhur lagi maha Agung, Ya Allah, jadikanlah sperma ini menjadi keturunanku yang baik, apabila engkau memastikan keturunan itu keluar dari tulang rusukku.

Do’a Ketika Inzal (Ejakulasi)

الحمدلله الذي خلق من الماء بشرا فجعله نسبا وصهرا وكان ربّك قديرا

 “Segala puji bagi Allah yang menjadikan manusia dari air (sperma) lalu Ia jadikan manusia itu (punya) Keturunan dan keluarga, sesungguhnya dia adalah tuhan yang Maha Kuasa.”


Niat Mandi Janabah :

نويت الغسل لرفع الحدث الأكبر فرضا لله تعالى

“Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Ta’ala.”

Terkait tentang kewajiban suami, lanjut Rudy Harahap lagi sebagaimana dijelaskan dalam Fiqh Munakahat adalah; memelihara, memimpin dan membimbing keluarga lahir batin serta menjaga tanggungjawab atas keselamatan dan kesejahteraannya; memberi nafkah sesuai dengan kemampuan; membantu tugas istri terutama dalam pemeliharaan anak; memberi kebebasan berfikir dan bertindak kepada istri sesuai dengan ajaran agama; dan mengatasi keadaan dan mencari solusi permasalahan dengan bijaksana.

“Adapun kewajiban istri adalah hormat dan patuh kepada suami dalam batas yang dibolehkan agama; mengatur dan mengurus rumah tangga; memelihara dan mendidik anak sebagai amanah allah; menjaga dan memelihara kehormatan diri serta melindungi harta benda keluarga; dan menerima dan menghargai pemberian suami.” Jelasnya.

Adapun kewajiban bersama suami-istri, lanjutnya lagi adalah; saling menghormati orang tua dan keluarga; memupuk rasa cinta dan kasih saying; hormat-menghormati, sopan santun, penuh pengertian serta bergaul dengan baik; matang dalam berbuat dan berfikir serta tidak emosional dalam bersikap; memelihara kepercayaan dan tidak saling membuka rahasia pribadi; dan sabar dan rela atas kekurangan dan kelemahan masing-masing.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger