Guru Profesional Harus Bisa Membuat Karya Tulis Ilmiah - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Guru Profesional Harus Bisa Membuat Karya Tulis Ilmiah

Guru Profesional Harus Bisa Membuat Karya Tulis Ilmiah

Written By Kemenag Karimun on Wednesday, 16 December 2015 | 16:21

Karimun (Humas) - Guru madrasah merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan karenanya guru  wajib memiliki 4 kompetensi guru yakni kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian dan kompetensi itu harus senantiasa dikembangkan. Di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, disebutkan bahwa jabatan guru sebagai pendidik merupakan jabatan profesional. 

“Khusus untuk kegiatan pengembangan profesi guru diantaranya bisa diwujudkan dengan membuat karya tulis ilmiah di bidang pendidikan atau menemukan teknologi di bidang pendidikan atau bisa juga  membuat  alat  pelajaran seperti alat  peraga  atau  alat  bimbingan dan bisa juga menciptakan   karya   tulis   ilmiah,   dan   mengikuti   kegiatan   pengembangan kurikulum .” Terang H. Afrizal saat menjadi narasumber dalam kegiatan bimbingan Karya Tulis Ilmiah bagi guru madrasah Minggu (13/12/2015) bertempat di ruang pertemuan Jamiatul Birri Masjid Agung Kabupaten Karimun.

Dan saat ini lanjut H. Afrizal menulis karya ilmiah merupakan syarat mutlak bagi guru yang akan naik pangkat dan golongan tertentu sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 16 Tahun 2009 tanggal 10 November 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dan Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala BKN Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tanggal 6 Mei 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

“Selain sebagai syarat kenaikan pangkat atau golongan, Karya Tulis Ilmiah juga sebagai salah satu karya yang dinilai dalam uji sertifikasi melalui portofolio, dan sebagai sarana peningkatan profesionalisme guru. Karena melalui kegiatan karya tulis ilmiah guru akan terlibat dalam pembentukan pengetahuan melalui meneliti, menulis, dan mengikuti pertemuan ilmiah.” Jelas H. Afrizal.

H. Afrizal pun menilai bahwa saat ini banyak guru yang berat dalam menyusun Karya Tulis Ilmiah dimana mayoritas guru masih sangat sulit dalam menyusun tulisan.

“Karena itu saya minta kepada semua peserta bimbingan Karya Tulis Ilmiah ini benar-benar mengikuti kegiatan hari ini diaman narasumber utama kita adalah bapak Luthfi Abdul Malik Kepala SDIT Darul Mukmin yang sudah sangat berpengalaman di bidang Menulis Karya Tulis Ilmiah.” Pinta H. Afrizal
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger