Pegawai Kemenag Karimun Safari Magrib di Masjid Uswatun Hasanah - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » , » Pegawai Kemenag Karimun Safari Magrib di Masjid Uswatun Hasanah

Pegawai Kemenag Karimun Safari Magrib di Masjid Uswatun Hasanah

Written By Kemenag Karimun on Tuesday, 15 December 2015 | 15:05


Karimun (Humas) - Malam Senin (14/9/2015), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam kembali melaksanakan kegiatan maghrib mengaji/magrib keliling atau kini lebih dikenal dengan Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji (GM3).

Kali ini kegiatan GM3 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dilaksanakan di Masjid Uswatun Hasanah yang berlokasi di Telaga Riau, Kelurahan Sungai Lakam Barat Kecamatan Karimun.

Usai shalat Magrib berjamaah, acara yang dipandu oleh Supriadi, S.Hi salah satu pegawai seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah ini dimulai dengan penyerahan bantuan 10 Al-Quran dari Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal kepada pengurus Masjid Uswatun Hasanah yang diterima oleh H. Samsudin .

H. Samsudin selaku Ketua Pengurus Masjid Uswatun Hasanah mengucapkan  terimakasih kepada rombongan Kementerian Agama Kabupaten Karimun karena melaksanakan kegiatan GM3 di masjid Uswatun Hasanah. 

Acara dilanjutkan dengan pembacaan surah yassin secara berjamaah dan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus ceramah agama singkat oleh Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal.

Diawal ceramahnya, H. Afrizal memuji Masjid Uswatun Hasanah yang megah dan cantik dan dihiasi kaligrafi yang indah pula.

“Kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena masjid Uswatun Hasanah yang baru kini telah berdiri dengan megah, cantik dan ada kaligrafinya yang indah.  Selanjutnya adalah kewajiban kita untuk terus memakmurkan masjid Uswatun Hasanah baik waktu shalat magrib, isya’, subuh, zuhur dan ashar.” Pesannya kepada jamaah yang hadir.

Selanjutnya H. Afrizal menyampaikan beberapa keutamaan shalat berjamaah di masjid, diantaranya seorang yang berjalan ke masjid, maka tiap langkah kakinya akan diberikan satu pahala, dihapuskan satu dosa, dan dinaikkan satu derajat oleh Allah SWT.

“selanjutnya ada tujuh golongan yang dinaungi kelak. Dan salah satunya adalah orang yang hatinya terpaut dengan masjid. Seorang pemuda yang hatinya terikat dengan masjid, orang orang itulah yang akan mendapat perlindungan dari Allah saat kiamat kelak. “ ungkap H. Afrizal lagi.

Dan didalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim RA, lanjut H. Afrizal lagi menyebutkan bahwa seseorang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, maka orang itu akan mendapatkan pahala 119 kali dibanding shalat sendiri. Dan yang melaksanakan shalat isya berjamaah, maka dia bakal dapat pahala 59 kali lipat. Kalau shalat dzuhur jamaah, ashar jamaah, dan magrib jamaah, masing masing dilipatgandakan 27 kali kalau kita laksanakan secara jamaah.

“Keutamaan lain dari shalat berjamaah adalah apabila kita bertemu lima kali dalam sehari, maka akan tumbuh persaudaraan dan silaturrahim diantara sesama muslim. Dan jika suatu waktu ada saudara kita yang biasa berjama’ah kemudian beberapa waktu tidak hadir di masjid, maka kita akan bertanya-tanya, ada apa atau mengapa ia tidak berjama’ah? Seandainya jawaban yang didapat bahwa beliau itu sakit, maka kita bisa bergegas menjenguk dan mendo’akannya,” ungkapnya lagi.

Kegiatan maghrib keliling kali ini diikuti oleh pejabat dan  pegawai Kemenag Kabupaten Karimun, Ka. KUA Kecamatan Karimun, Kecamatan Meral, dan Kecamatan Tebing dan sejumlah penyuluh agama Islam.







Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger