Peran dan Fungsi IPHI dalam Memberikan Pembinaan Jamaah Pasca Haji - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » Peran dan Fungsi IPHI dalam Memberikan Pembinaan Jamaah Pasca Haji

Peran dan Fungsi IPHI dalam Memberikan Pembinaan Jamaah Pasca Haji

Written By Kemenag Karimun on Thursday, 17 December 2015 | 15:58

Karimun (Humas) – Peran dan fungsi IPHI dalam memberikan pembinaan jamaah pasca haji tentu sangat diharapkan karena dengan wadah IPHI inilah para jamaah yang sudah menunaikan ibadah haji bisa berkiprah dan memberikan sumbangsihnya keapda masyarakat. Karena keberadaan IPHI mempunyai peran melaksanakan pembinaan, bimbingan, penyuluhan, dan penerangan kepada calon jamaah haji/prahaji dan pasca haji.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua PD. IPHI Kabupaten Karimun H. Harris Fadillah, S.Ag. Selasa (15/12/2015) pada kegiatan Pembinaan Jamaah Pasca Haji Kabupaten Karimun di Aula Gedung Darunnadwah Masjid Agung Karimun.

“Berdirinya organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia merupakan keinginan para haji untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa, keimanan, dan ketaqwaan serta amal nyata dalam upaya melestarikan kemabruran hajinya.” Kata mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun ini.

Ia pun berkisah bahwa Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia didirikan pertama kali pada tanggal 22 Maret 1990 bertepatan dengan tanggal 24 Sya’ban 1410 H Di Jakarta. Dan saat ini yang menjadi Ketua Pengurus Pusat IPHI adalah Mayjen (Purn) Drs. H. Kurdi Mustafa. 

“Visi IPHI adalah meningkatnya Implementasi Haji Mabrur ditengah-tengah masyarakat sehingga tercapai kondisi umat dan bangsa yang sejahtera lahir dan batin. Dan misi IPHI adalah memberdayakan Para Haji dalam melestarikan kemabruran hajinya, menjadi teladan, panutan dan pilar peningkatan kualitas umat dan bangsa Indonesia.” Jelas H. Harris Fadillah lagi.

H. Harris Fadillah menjelaskan bahwa fungsi IPHI  ada 3, pertama sebagai wahana penghimpun potensi para haji Indonesia, penyerap dan penyalur aspirasi umat. Kedua, sebagai organisasi kemasyarakatan turut serta menyukseskan program pembangunan bangsa dan ketiga adalah sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah Islamiyah sesama umat.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger