USBN PAI Adalah Upaya Untuk Mewujudkan Pendidikan Agama Islam Yang Berkualitas - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » USBN PAI Adalah Upaya Untuk Mewujudkan Pendidikan Agama Islam Yang Berkualitas

USBN PAI Adalah Upaya Untuk Mewujudkan Pendidikan Agama Islam Yang Berkualitas

Written By Kemenag Karimun on Wednesday, 17 February 2016 | 11:38

Karimun (Humas) - Pendidikan  Agama  Islam  di  sekolah  mempunyai  peran  yang  strategis  dalam pengembangan sistem pendidikan nasional di Indonesia dan peningkatan mutu sumber daya manusia. Oleh karenanya untuk mengetahui mutu pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di sekolah dilaksanakanlah evaluasi  Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam yang disingkat dengan USBN PAI.

“Jadi tujuan pelaksanaan USBN PAI itu ada tiga, pertama yakni untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan  secara nasional pada mata pelajaran Pendidikan Agama  Islam; kedua, untuk meningkatkan  mutu  penilaian  Pendidikan  Agama  Islam   pada  satuan pendidikan; dan ketiga, untuk mengevaluasi  kinerja   satuan  pendidikan  berdasarkan  hasil   penilaian Pendidikan Agama  Islam.” Jelas H. Riadul Afkar, Selasa (16/2/2016) di ruang kerjanya.

Pendidikan  Agama  dalam  sistem  pendidikan nasional, jelas H. Riadul Afkar menempati posisi sangat strategis, yakni untuk menciptakan peserta didik yang beriman, bertaqwa dan berahlak mulia. Hal ini secara eksplisit dinyatakan dalam UUD  1945 pada pasal 31, ayat (3), dan juga dalam UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI merupakan salah satu  upaya   dalam  mewujudkan  pendidikan  agama  yang  berkualitas yang di laksanakan di sekolah.  USBN  PAI melibatkan  semua  unsur,   mulai  dari  tingkat  pusat  sampai  dengan  tingkat  satuan pendidikan.” Tambah H. Riadul Afkar.

Dalam pelaksanaannya USBN PAI ini melibatkan banyak pihak mulai dari tingkat nasional hingga ke tingkat satuan pendidikan di Sekolah. Untuk sosialisasi, kordinasi, pengawasan dan evaluasi ujian USBN PAI dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama  provinsi  dan   Kemenag Kabupaten/Kota  bekerja  sama  dengan  Dinas Pendidikan. Sementara kisi-kisi  soal  dan  Pedoman  Pelaksanaan USBN PAI disiapkan  oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam pada sekolah  Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI bersama BNSP.

Untuk diketahui pula bahwa  USBN PAI ini dilaksanakan mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK dan penilaiannya mencakup Aspek Kognitif, Aspek Psikomotorik dan Aspek Afektif. Untuk Aspek Kognitif dilaksanakan dalam bentuk Ujian Tertulis. Untuk Aspek Psikomotorik dilakukan melalui tes praktek.   Ketentuan   ujian   praktik meliputi membaca al-Qur  ’an dan  aspek-aspek lain  sesuai  dengan kebutuhan daerah/satuan pendidikan. Dan terakhir Aspek  Afektif pengujiannya dilakukan melalui pengamatan  terhadap  pengamalan akhlak  peserta didik oleh guru mata  pelajaran Pendidikan Agama  Islam.

Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger