BAB V Penutup Laporan SPIP Kemenag - Kantor Kemenag Kabupaten Karimun
Home » » BAB V Penutup Laporan SPIP Kemenag

BAB V Penutup Laporan SPIP Kemenag

Written By Kemenag Karimun on Thursday, 24 November 2016 | 10:56

Contoh Laporan SPIP Kemenag BAB V Penutup
Berikut ini adalah contoh Laporan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah - SPIP- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten BAB V Penutup :

BAB V
P E N U T U P

A.    Kesimpulan

Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan manajemen pemerintahan dan menguatkan akuntabilitas instansi pemerintah. SPIP merupakan sistem yang lebih komprehensif dengan menekankan pada pentingnya softcontrol yaitu mengutamakan faktor komitmen pimpinan dan keterlibatan seluruh pejabat serta pegawai.

Penyelenggaraan SPIP diarahkan untuk dapat menjamin pencapaian tujuan sebagaimana tertuang dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Rencana Strategis (Renstra), dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan  SPIP merupakan alat kendali bagi pengelola kegiatan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun untuk mencapai visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan. SPIP menjadi rambu, pagar, dan early warning systems agar pelaksanaan semua program dan kegiatan dapat berjalan dalam koridor serta sesuai ketentuan yang berlaku, tidak ada penyimpangan, aman, efisien, dan efektif. Semoga seluruh unit kerja yang ada di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dapat menyelenggarakan SPIP secara efektif dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi dan good governance.

Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) sebagaimana yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, merupakan salah satu kebijakan pemerintah di bidang pengelolaan keuangan negara yang dimaksudkan untuk menjadi standar pengendalian intern atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, sehingga pengelolaan keuangan negara menjadi efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan konsep pengendalian yang dirancang untuk dapat diimplementasikan secara integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Dan ada 5 (lima) unsur SPIP yang harus dilaksanakan untuk mencapai hal tersebut, yaitu:

1.    Lingkungan pengendalian
2.    Penilaian risiko
3.    Kegiatan pengendalian
4.    Informasi dan komunikasi
5.    Pemantauan pengendalian intern

Untuk terwujudnya penyelenggaraan SPIP yang efektif, maka seluruh unsur SPIP harus diterapkan secara terintegrasi dengan aktivitas organisasi, agar mampu mencegah timbulnya kegagalan dan ketidakefisienan dalam pencapaian tujuan organisasi.

B.    Saran

Beberapa saran sebagai perbaikan untuk tahun-tahun kedepan terkait dengan penyelenggaraan SPIP di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun ini dapat disampaikan sebagai berikut:
  1. Agar dilaksanakan kegiatan sosialisasi, workhop atau pelatihan SPIP agar semua pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun bisa memahami Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan keterkaitan tugasnya dengan SPIP.
  2. Perlunya peningkatan atau perekrutan pegawai yang memiliki kompetensi khusus atau latar belakang  pendidikan yang sesuai untuk memenuhi jabatan tertentu seperti di bidang keuangan, teknologi informasi, administrasi dan lainnya.
  3. Perlu dilakukan proses evaluasi dan supervisi secara periodik atas pelaksanaan kompetensi dan komitmen kepada pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun yang terstruktur dan berkesinambungan.
  4. Perlunya penelusuran latar belakang calon pegawai dalam proses rekrutmen pada perekrutan kedepannya.
Demikianlah  contoh Laporan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah - SPIP- Kementerian Agama (Kemenag) Tahun 2016 Kabupaten BAB V Penutup. Dipastikan masih banyak kekurangan dalam contoh Laporan SPIP ini, karena itu saran dan masukan dari pembaca sangat diharapkan demi perbaikan di masa mendatang.
BAB V Penutup Contoh Laporan SPIP Kemenag

Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger