UIN Suska Riau Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018-2019

UIN SUSKA KARIMUN
UIN Suska Riau Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018-2019 (foto:Asral)
Karimun (Humas) – Hari ini, Senin (12/2/2018) bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun pihak UIN Suska Riau mensosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018-2019. Kegiatan sosialisasi ini diikuti sekitar 100 siswa dari SLTA  dan Madrasah Aliyah yang ada di Kabupaten Karimun.

Dalam sosialisasinya, Purwanti, S.Kom dari UIN Riau menyampaikan bahwa jumlah Mahasiswa UIN Suska Riau tahun 2017  berjumlah 27.464 orang yang tersebar di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas  Syari'ah dan Hukum, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, dan Fakultas Pertanian dan Peternakan.

“Dan pada tahun 2018 ini UIN Suska Riau menyediakan kuota untuk mahasiswa baru sebanyak 5.090 orang. Dan kuota tersebut sudah dibagikan menurut kelompok program studi.” Terang Purwanti, S.Kom.

Pertama, Program Studi Umum dengan porsi kuotanya untuk jalur SNMPTN 30 %, jalur SBMPTN 40% dan jalur MANDIRI 30%. Kedua, Program Studi Agama dengan porsi kuotanya untuk  jalur SPAN-PTKIN 50%, jalur jalur  UM-PTKIN 30% dan jalur MANDIRI 20%.

“Untuk Jalur Penerimaan Nasional  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) informasi bisa mengunjungi laman website www.snmptn.ac.id. Untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM-PTN) informasi pada laman www.sbmptn.ac.id. Untuk Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPANPTKIN) informasi pada laman www.span-ptkin.ac.id dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) informasi pada laman www.um-ptkin.ac.id ” terang Purwanti lagi

Sedangkan untuk Jalur Penerimaan Mandiri dibagi menjadi dua yakni Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Undangan dan Jalur Ujian Tulis, informasi lengkap bisa mengunjungi laman http://pmb.uin-suska.ac.id dan  http://pmb.uin-suska.ac.id.
Berikut adalah Jadwal PMB Jalur Undangan:
  • Pra Daftar : 6 Februari s.d. 26 Maret 2018
  • Pembayaran Uang Pendaftaran : ( Bank BRI dan BNI Syariah / ATM )
  • Pendaftaran Online : 6 Februari s.d. 30 Maret 2018
  • Pengiriman Berkas : 6 Februari s.d. 5 April 2018
  • Pengumuman Hasil Seleksi : Lihat pada laman  http://pmb.uin-suska.ac.id
  • Ketentuan dan Persyaratan, Selengkapnya dapat dilihat pada laman PMB Jalur Undangan http://pmb.uin-suska.ac.id


Dan berikut adalah Jadwal PMB Jalur Tulis:
  • Pra Daftar : 9 Mei s.d. 12 Juni 2018
  • Pembayaran Uang Pendaftaran : ( Bank BRI dan BNI Syariah / ATM ) 9 Mei s.d. 21 Juni 2018
  • Pendaftaran Online : 9 Mei s.d. 23 Juni 2018
  • Ujian : 3  s.d. 14 Juli 2018
  • Pengumuman Hasil Seleksi : Lihat pada laman  http://pmb.uin-suska.ac.id
  • Ketentuan dan Persyaratan, Selengkapnya dapat dilihat pada laman PMB Tulis di http://pmb.uin-suska.ac.id

Terakhir Purwanti juga memastikan bahwa di UIN Riau juga menyediakan beasiswa bagi Mahasiswa yang berprestasi, yakni Beasiswa Prestasi Akademik, Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Supersemar, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Bidik Misi Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan Beasiswa Khusus Fakultas Tarbiyah.

“Tentu untuk mendapatkan beasiswa ini harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak pemberi beasiswa. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Beasiswa di UIn Riau ini bisa mengunjungi laman web http://kemahasiswaan.uin-suska.ac.id.” tutup Purwanti. (Asral)

Comments