Skip to main content

Kemenag Banten : SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KEMENAG KANTOR KAB. TANGERANG GELAR BIMBINGAN TEKNIS KURIKULUM 2013 SELAMA 16 HARI

Kemenag Banten : SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KEMENAG KANTOR KAB. TANGERANG GELAR BIMBINGAN TEKNIS KURIKULUM 2013 SELAMA 16 HARI. Bertempat di Paragonbiz Hotel Karawaci Tangerang Seksi Pendidikan Madrasah menggelar  Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 selama 16 hari berlangsung dari tanggal 5 sd 20 Desember 2013. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Provinsi Banten dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangeran, Kasubag Tata Usaha dan Kasi Pendidikan Madrasah. 

Bimtek yang diikuti oleh 486 guru Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah yang berada di lingkungan Kementerian Agama kantor Kabupaten Tangerang, terbagi dalam 3 Angkatan untuk guru MTs, dan 2 Zona untuk guru MI yang masing-masing  zona terdiri dari 2 Angkatan. Dalam setiap angkatan masing-masing mengikutsertakan 68 Peserta untuk Madrasah Ibtidaiyah, 66 Peserta untuk Madrasah Tsanawiyah. Kemenag Banten : SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KEMENAG KANTOR KAB. TANGERANG GELAR BIMBINGAN TEKNIS KURIKULUM 2013 SELAMA 16 HARI. 

Dalam laporannya, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Ahmad Rifaudin, M.Pd menyampaikan bahwa: Kegiatan Bimbingan Teknis ini dilatarbelakangi oleh, Seiring dengan telah disahkannya Kurikulum 2013 untuk semua satuan pendidikan dasar dan menengah, yang merupakan salah satu langkah sentral dan strategis dalam kerangka penguatan karakter menuju bangsa Indonesia yang madani. 

Lebih lanjut Kepala Seksi Penma mengatakan, kurikulum 2013 dikembangkan secara komprehensif, integratif, dinamis, akomodatif, dan antisipatif terhadap berbagai tantangan pada masa yang akan datang. Kurikulum 2013 didesain berdasarkan pada budaya dan karakter bangsa, berbasis peradaban, dan berbasis pada kompetensi. Dengan demikian, Kurikulum 2013 diyakini mampu mendorong terwujudnya manusia Indonesia yang bermartabat, beradab, berbudaya, berkarakter, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, bertanggung jawab, serta mampu menghadapi berbagai tantangan yang muncul di masa depan.
Kemenag Banten : SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KEMENAG KANTOR KAB. TANGERANG GELAR BIMBINGAN TEKNIS KURIKULUM 2013 SELAMA 16 HARI. 

Sebagai kurikulum yang disempurnakan, Kurikulum 2013 niscaya belum dipahami oleh masyarakat luas, termasuk oleh guru madrasah baik di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah.  Kurikulum tersebut juga belum dilengkapi dengan berbagai perangkat pendukung pembelajaran, seperti silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, sistem penilaian dan sejenisnya. Hal tesebut mengisyaratkan mengenai penting dan perlunya bimbingan teknis (bimtek) implementasi Kurikulum 2013, khususnya untuk guru dan kepala Madrasah. 

Kementerian Agama sebagai salah satu  Kementerian penyelenggara  pendidikan agama dan keagamaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan segera memberlakukan Kurikulum 2013 pada Madrasah pada awal tahun pelajaran 2014-2015. Oleh Karena itu  Kementerian Agama Kantor Kabupaten Tangerang melalui Seksi Pendidikan Madrasah, dengan menggunakan Dipa APBN-P Tahun Anggaran 2013  sangatlah tepat menggelar Pelatihan Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 bagi guru Madrasah Tsanawiyah (MTs).Kemenag Banten : SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KEMENAG KANTOR KAB. TANGERANG GELAR BIMBINGAN TEKNIS KURIKULUM 2013 SELAMA 16 HARI. 

Masih dalam Laporannya Kepala Seksi Penma mengatakan, tujuan dari diselenggarakannya Bimbingan Teknis ini adalah :
ØMeningkatkan pemahaman, penguasaan dan kemampuan guru/kepala Madrasah tentang latar belakang, filosofi, konsep, tujuan, standar isi, standar kompetensi lulusan, kompetensi dasar, standar proses, struktur kurikulum, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), metode dan media, bahan ajar, bahan tayang, dan perangkat pembelajaran lainnya seperti sistem penilaian, dalam implementasi kurikulum 2013.
ØTerwujudnya guru/kepala madrasah yang kompeten dan profesional dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pada Kurikulum tahun 2013, serta pemahaman dan penerapan buku pelajaran sesuai dengan kurikulum 2013.
ØSemua peserta pelatihan dan bimbingan teknis kurikulum 2013 mampu mengimplementasikan kurikulum 2013 pada satuan kerjanya masing-masing.
Kemenag Banten : SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KEMENAG KANTOR KAB. TANGERANG GELAR BIMBINGAN TEKNIS KURIKULUM 2013 SELAMA 16 HARI.  
 Untuk mencapai tujuan tersebut, Kepala Seksi Penma masih dalam laporannya mengatakan: Selama 4 hari masing-masing peserta dalam setiap angkatan dijejali dengan materi-materi implementasi kurikulum 2013 yang sudah disusun oleh Tim dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Jakarta antara lain: Perubahan mindset; Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum 2013; SKL, KL dan KD; Konsep Pendekatan Scientifik; Konsep Penilaian Autentik; Merancang Penilaian Autentik; Analisis Buku Siswa/Guru; Model Pembelajaran; Merancang RPP; Simulasi Pembelajaran serta Peer Teaching selama satu hari penuh dan diakhiri dengan Post Tes yang dibimbing oleh Narasumber yang berasal dari Pusdiklat Keagamaan, Balai Diklat Keagamaan Jakarta serta pengawas yang telah memiliki sertifikat TOT ( Training of Trainer ). Setiap angkatan Panita dan Nara Sumber terlebih dahulu melakukan Pre Tes untuk mengukur sejauh mana penguasaan   konsep atau materi kurikulum 2013 yang dimiliki peserta.
Dalam arahannya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten menegaskan Pendidikan yang ideal haruslah memiliki kurikulum yang bagus. Ciri atau indikator kurikulum yang bagus diantaranya 

ØPenentuan materi, pokok bahasan, tujuan yang bagus 
ØPelaksanaan proses pembelajaran yang bagus
ØEvaluasi yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran

Lebih lanjut kakanwil menyampaikan kurikulum yang bagus tidaklah cukup tanpa unsur guru yang memiliki kompetensi. Ada 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu :
ØKompetensi Paedagogik : bahwa guru harus memiliki pengetahuan keguruan
ØKompetensi Profesional : bahwa seorang guru harus bertindak dan bersikap sesuai dengan tugas
ØKompetensi Kepribadian : bahwa seorang guru harus memiliki sifat akhlakul karimah sebagai suri tauladan bagi para peserta didik
ØKompetensi sosial : bahwa seorang guru harus mampu melaksanakan fungsi sosialnya di tengah masyarakat secara optimal
Selanjutnya Kakanwil menambahkan disamping kurikulum dan guru yang baik diperlukan juga manajemen yang baik. Manajemen yang baik haruslah manajemen yang berbasis musyawarah.
Kemenag Banten : SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KEMENAG KANTOR KAB. TANGERANG GELAR BIMBINGAN TEKNIS KURIKULUM 2013 SELAMA 16 HARI.

Comments