Skip to main content

Kemenag RI: M. Jasin: Perbaikan Sistem dan Cegah Gratifikasi adalah Jihad

Kemenag RI: M. Jasin: Perbaikan Sistem dan Cegah Gratifikasi adalah Jihad. Acara yang digelar di operation room gedung baru Itjen Kemenag dimaksud untuk memberikan pembinaan mental spiritual para pejabat dan pegawai Itjen Kemenag dalam menghadapi lembaran tahun 2014 mendatang. Hadir dalam acara tersebut Kepala PPATK, Muhammad Yusuf untuk memberikan ‘wejangan’ (taushiah).

Menurut Jasin, negara harus melakukan perbaikan sistem dan dimulai dari instansi masing-masing dalam mewujudkan tatanan reformasi birokrasi seperti melakukan open recruitment dalam pengangkatan/mutasi jabatan, pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK), dan pelaksanaan demokrasi tanpa korupsi.

Kemenag RI: M. Jasin: Perbaikan Sistem dan Cegah Gratifikasi adalah Jihad.“Saat ini, indeks persepsi korupsi pada sektor pelayanan publik masih bertengger pada ‘image jelek’, tidak lebih seperti tahun sebelumnya, termasuk pelayanan KUA. Survei KPK terhadap 260 pelaksana layanan publik tiap tahunnya masih belum merubah kinerja/praktik yang ada. Mental atau mindset mereka masih belum berubah. Oleh karena perlu ada role model yang mampu memberi contoh/panutan” tegas Jasin yang pernah menduduki Mantan Wakil Ketua KPK tersebut.

Dalam arahannya, Jasin juga menyinggung soal gratifikasi yang sempat mencuat di berbagai media dan di protes oleh banyak penghulu. Namun ia menegaskan bahwa upaya yang dilakukan jajaran Itjen dan Unit lainnya yang terkait adalah untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut, agar nantinya penghulu sah dan halal baik secara hukum syariah dan hukum positif dalam menerima sesuatu karena ada payung hukumnya.

“Pada tahun 2014 diharapkan tidak ada lagi pungutan-pungutan liar serta penyimpangan-penyimpangan lainnya, baik dalam hal bantuan sosial, pengadaan barang dan jasa, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan sebagainya. Hal itu akan bisa menghapus stigma korup agar memperoleh kepercayaan publik (public trust) Kemenag RI: M. Jasin: Perbaikan Sistem dan Cegah Gratifikasi adalah Jihad.

Comments