Skip to main content

Kemenag RI: Simakrama merupakan ide untuk pembuatan program Ditjen Bimas Hindu ke depan

Kemenag RI: Simakrama merupakan ide untuk pembuatan program Ditjen Bimas Hindu ke depan. Jakarta (DBH) — Dalam rangka  mengoptimalkan meningkatkan kualitas program kerja, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) khususnya Direktorat Urusan Agama Hindu menggelar Simakrama Tokoh Umat dan Masyarakat Hindu yang diadakan di Hotel Bidakara Jakarta, Jumat. (29/11).
Dirjen Bimas Hindu IBG Yudha Triguna mengemukakan saat membuka acara bertema Simakrama Tokoh Umat dan Masyarakat Hindu Menuju Masyarakat Rukun, Cerdas, Damai dan Sejahtera, di Jakarta, akhir pekan lalu.
Yudha mengatakan, umat Hindu banyak memiliki potensi sumber daya manusia (SDA) yang baik.  “Melalui potensi ini diharapkan semua mengabdi untuk agama, bangsa, dan negara. Mari kita saling mendukung dan membantu, jangan saling menjelek-jelekkan,” ujarnya.
Menurut dia, aspirasi yang muncul dalam simakrama akan dijadikan masukan untuk pembuatan program Ditjen Bimas Hindu ke depan.
“Simakrama yang rutin setiap tahun diselenggarakan oleh Ditjen Bimas Hindu merupakan upaya pemerintah dalam menyusun strategi pembinaan berupa penguatan dan pemberdayaan umat Hindu di Nusantara,” ujarnya dalam hajatan yang dihadiri para tokoh umat Hindu se-Indonesia, baik dari jajaran pemerintah, swasta, dan lembaga keagamaan seperti Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI).
Kemenag RI: Simakrama merupakan ide untuk pembuatan program Ditjen Bimas Hindu ke depan. Dalam kesempatan tersebut, Yudha juga mengajak perguruan tinggi (PT) agama Hindu, baik negeri maupun swasta, harus meningkatkan kualitas pendidikannya, sehingga sejajar dengan PT lainnya. Lebih jauh Yudha Triguna, menyebutkan, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas harus didukung dengan penyelenggaraan proses edukasi yang bermutu. “Melalui penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi secara produktif, terukur, berkelanjutan, dan akuntabel akan membentuk lulusan yang cerdas, kompetitif, dan mandiri,” katanya.
Akhir dari sambutan Yudha Triguna ,“Mengajak para masyarakat dan tokoh Umat Hindu untuk meningkatkan kwalitas Srada(Keimanan) dan Bhakti (Ketaqwaan) umat Hindu sebagai perwujudan pengamalan agama serta meningkatkan pengabdian dan peran aktif umat Hindu untuk mengembangkan sikap kebersamaan antara warga bangsa yang majemuk melalui kehidupan beragama guna memperkokoh Persatuan Kesatuan Bangsa”, tutup Dirjen. (putu)Kemenag RI: Simakrama merupakan ide untuk pembuatan program Ditjen Bimas Hindu ke depan

Comments