Skip to main content

MTQ Nasional 2014 Disparbud siapkan City Tour

MTQ Nasional 2014 Disparbud siapkan City Tour. Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Kehadiran ribuan peserta pada MTQ 2014 nantinya, tidak akan disia-siakan pemerintah daerah dalam mempromosikan sejumlah obyek pariwisata yang ada. Pemko Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, akan menyiapkan layanan City Tour bagi para peserta MTQ 2014.

Sejumlah lokasi tengah disiapkan Pemko Batam, untuk dikunjungi peserta MTQ 2014 dalam layanan City Tour ini. Diantaranya Jembatan 1 Barelang, obyek wisata religi, sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Batam, hingga kunjungan ke Pulau Penyengat, Tanjungpinang.

“Seluruh biaya dalam pelaksanaan City Tour ini, akan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam, Yusfa Hendri usai rapat persiapan MTQ 2014 di lantai IV Kantor Walikota Batam, kemarin.MTQ Nasional 2014 Disparbud siapkan City Tour.

Anggaran yang akan dialokasikan untuk kegiatan City Tour selama pelaksanaan MTQ 2014, jelas Yusfa, diperkirakan mencapai Rp600 juta. Salah satunya digunakan untuk mempersiapkan transportasi menuju ke sejumlah obyek pariwisata di Kota Batam dan Provinsi Kepri.

MTQ Nasional 2014 Disparbud siapkan City Tour.  Untuk teknis pelaksanaannya, akan dibahas lebih lanjut bersama Panitia Pelaksana MTQ 2014. Dengan proses antar jemput menuju sejumlah lokasi obyek pariwisata, bisa dilakukan setiap hari, selama penyelenggaraan MTQ berlangsung. Peserta yang telah selesai berlomba, dapat mengikuti City Tour ke berbagai obyek wisata yang telah ditentukan.

Pelaksanaan City Tour ini, sekaligus dilakukan untuk memperkenalkan sejumlah obyek wisata yang ada di Kota Batam dan Provinsi Kepri, kepada para tamu dan peserta MTQ 2014. Sehingga setelah mereka kembali ke daerahnya, dapat menyebarluaskan informasi obyek pariwisata yang ada di Batam dan Provinsi Kepri, kepada masyarakat di daerahnya.

Program ini, merupakan salah satu upaya yang dilakukan Disparbud Kota Batam, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, terutama wisatawan domestik ke Batam dan Provinsi Kepri. Dimana untuk kunjungan wisatawan domestik pada 2013, Batam menargetkan sebanyak 5 juta orang. MTQ Nasional 2014 Disparbud siapkan City Tour.

Sementara untuk wisatawan mancanegara (wisman), Batam merupakan terbesar ketiga, setelah Bali dan Jakarta, bagi pintu masuknya wisatawan asing ke Indonesia. Selama 2012, tercatat sebanyak 1,2 juta orang wisman yang berkunjung ke Indonesia melalui Batam. Wisman yang datang berasal dari Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Filipina, China, India, Inggris, Amerika Serikat, Australia dan sejumlah negara lainnya. (R02) MTQ Nasional 2014 Disparbud siapkan City Tour.

Comments