Skip to main content

MTQ Nasional 2014 Kepri anggarkan lebih Rp180 miliar

MTQ Nasional 2014 Kepri anggarkan lebih Rp180 miliar . Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, menganggarkan lebih dari Rp180 miliar untuk penyelenggaraan Musabaqih Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional 2014 di Batam. Anggaran ini dialokasikan untuk biaya kegiatan dan kebutuhan yang terbagi dalam 230 item. Seperti untuk kebutuhan snack, sound system, hotel, bandara, pelabuhan, jalan, proyek fisik dan non fisik, penambahan jalur jalan, dan lainnya.

Namun estimasi anggaran ini, masih akan di verifikasi ulang oleh Pemprov Kepri. Dari hasil verifikasi, juga akan dilakukan rasionalisasi terhadap kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan selama penyelenggaraan MTQ 2014.

“Anggaran ada dari APBN, APBD Provinsi, Pemko Batam, dan BP (Badan Pengusahaan) Batam,” kata Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo usai rapat tertutup bersama SKPD di tingkat Provinsi Kepri, Pemko Batam dan BP Batam, Jumat (19/7/2013).MTQ Nasional 2014 Kepri anggarkan lebih Rp180 miliar .

Rapat tertutup di lantai IV Kantor Walikota Batam ini, juga dihadiri Wakil Walikota Batam, Rudi. Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, Handarlin Umar. Selain itu juga hadir para Kepala Dinas di tingkat Pemprov Kepri, dan Pemko Batam.

Soerya yang juga sebagai Ketua Umum MTQ 2014, mengaku belum mengetahui, berapa jumlah pasti peserta MTQ yang akan dilaksanakan sekitar Juni 2014 di Batam nantinya. Namun yang jelas, acara akbar dua tahunan ini, akan diikuti perwakilan dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Untuk penginapan peserta, akan ditempatkan di Asrama Haji dan Hotel-hotel di sekitar kawasan Batam Centre.

Penyelenggaraan MTQ 2014 di Batam, juga akan dibarengkan dengan pelaksanaan Pameran Produk Kreatif Indonesia (PPKI) tingkat nasional. Penyelenggaraan PPKI yang biasanya diselenggarakan di Jakarta, bersamaan dengan MTQ 2014 di Batam ini, sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kunjungan dalam MTQ 2014.MTQ Nasional 2014 Kepri anggarkan lebih Rp180 miliar .

Soerya mengaku sudah bertemu dan berbicara langsung dengan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono. Pembicaraan tersebut terkait usulan agar PPKI bisa dilaksanakan dengan MTQ2014 di Batam.

“Biasa MTQ hanya ramai diawal dan diakhir, kalau ada pameran produk kreatif, tiap hari MTQ akan ramai terus. Penyelenggaraan PPKI bersamaan dengan MTQ, 95 persen disetujui, tinggal rapat-rapat pen-definitif-an (penetapan)” jelas Soerya. (R02)MTQ Nasional 2014 Kepri anggarkan lebih Rp180 miliar .

Comments