MTQ Nasional Ke-25 Digelar Juni 2014 di Kepulauan Riau

MTQ Nasional Ke-25 Digelar Juni 2014 di Kepulauan Riau. Jakarta, (Inmas Sultra) — Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional  ke-25 akan diselenggarakan di Batam, Kepulauan Riau, pada 6 sampai 15 Juni 2014.

“Menteri Agama sudah menyetujui pelaksanaan MTQ Nasional ke-25 di Batam Kepulauan Riau akan dilaksanakan pada 6 sampai 15 Juni 2014,” terang Direktur Penerangan Agama Islam, Euis Sri Mulyani melalui pesan singkat kepada Pinmas, Jakarta, Kamis (09/01/2014).
Menurut Euis, persetujuan ini disampaikan Menag ketika menerima kunjungan Gubernur Kepulauan Riau, Muhammad Sani, beserta Panitia  MTQ Nasional Kepulauan Riau (Kepri), Guntur, di Jakarta, Rabu (08/01/2014).MTQ Nasional Ke-25 Digelar Juni 2014 di Kepulauan Riau.

Didampingi Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil, Menag menyambut baik kesiapan Provinsi Kepulauan Riau untuk menjadi tuan rumah MTQ Nasional yang ke-25. Menag berharap event Dua tahunan ini bisa berjalan sukses seperti penyelenggaraan MTQ Nasional sebelumnya di Ambon.

Sebagaimana diketahui, MTQ Nasional ke-24 di Ambon berjalan sukses berkat kerjasama seluruh pihak terkait. Bahkan, MTQ Nasional Ambon menjadi cermin kualitas kerukunan umat beragama di Indonesia yang sangat baik disebabkan sinergi yang ditunjukkan oleh para tokoh dan umat beragama di Ambon. Bahkan, ada rombongan kafilah yang menginap di bangunan Keuskupan. Tidak hanya umat Muslim, tapi umat agama lain bahu-membahu ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan MTQ Nasional di Ambon.MTQ Nasional Ke-25 Digelar Juni 2014 di Kepulauan Riau.

Senada dengan Menag, Gubernur Kepri berharap pelaksanaan MTQ Nasional 2014 juga mampu menunjukkan bahwa kehidupan beragama di Batam berjalan sangat baik dengan masyarakat yang heterogen. “MTQ Nasional di Batam diharapkan juga mampu meningkatkan pembinaan kepada generasi muda agar gemar membaca Al Quran selain menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan,” kata Sani.
Selanjutnya, kepastian jadwal pelaksanaan MTQ Nasional akan dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia.

MTQ Nasional ke-25 di Batam Kepulauan Riau ini dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono. “Surat permohonan resmi akan segera disampaikan ke Istana Negara untuk memastikan kesediaan Presiden SBY membuka MTQ Nasional di Kepulauan Riau,” terang Euis.
Dalam kesempatan kunjungan kerja ke Menteri Agama tersebut, Gubernur Kepri Muhammad Sani memaparkan progres persiapan yang sudah dilakukan panitia daerah di Batam.

Menurutnya, sampai dengan saat ini persiapan terus berjalan, terutama pembangunan astaka MTQ dan fasilitas pendukung lainnya. Dilaporkan juga bahwa sampai saat ini, persiapan sudah mencapai 70%, terutama pembangunan astaka MTQ. (pinmas/mkd) MTQ Nasional Ke-25 Digelar Juni 2014 di Kepulauan Riau.

Comments