Skip to main content

Sambut MTQ Nasional 2014: 17 Qari MTQ Kepri Pemantapan di Malaysia

Sambut MTQ Nasional 2014: 17 Qari MTQ Kepri Pemantapan di Malaysia. BATAM – Sebanyak 17 orang qari dan qariah Provinsi Kepulauan Riau yang rencananya mewakili daerah itu dalam Musabaqah Tilawatil Quran mengikuti pemantapan pelatihan di Malaysia.

“Pemantapan di Malaysia sekaligus untuk mencegah kejenuhan dan memompa semangat qari dan qariah sebelum berlaga di STQ Bangka Belitung dan MTQ mendatang,” kata Plt. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Tarmizi di Batam, Kamis.

Pemantapan di Malaysia menjadi puncak dari pemusatan pelatihan qari dan qariah Kepri yang sejak 12 Agustus sudah berlatih di Batam.

Pada STQ 22–29 Agustus di Bangka Belitong, Kepri, mengirimkan 34 orang kafilahnya yang terdiri atas 17 orang qari dan qariah, sembilan pelatih provinsi, dan sembilan orang pelatih nasional.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo yang juga menjabat Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) mengatakan bahwa pihaknya amat serius membina qari dan qariah agar bisa menjadi juara di ajang nasional. Sambut MTQ Nasional 2014: 17 Qari MTQ Kepri Pemantapan di Malaysia.

Ia meminta seluruh kafilah mengikuti pemantapan pelatihan dengan tanggung jawab agar dapat meningkatkan prestasi dibanding STQ sebelumnya.

“Pada STQ di Kalimantan lalu, kami berhasil berada di peringkat empat, sedangkan pada MTQ di Ambon, kami berada di peringkat ketiga nasional. Untuk di Bangka Belitung besok, minimal kami bisa bertahan di peringkat itu,” kata Soerya.

Namun, lebih dari sekadar menjuarai STQ dan MTQ, dia berharap qari dan qariah dapat menyebarkan nilai-nilai Alquran. “Yang paling penting adalah bagaimana membumikan Alquran di Provinsi yang kita cintai ini,” kata dia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri Hendarlin Umar mengatakan, meski provinsi baru, prestasi Kepri pada MTQ sangat membanggakan, masuk dalam tiga besar nasional.

Ia juga meminta kafilah Kepri dapat menginspirasi masyarakat Kepri untuk menumbuhkembangkan semangat membaca Alquran.

“Tujuan utama digelarnya STQ dan MTQ ini adalah agar seluruh umat Islam lebih gemar lagi membaca Alquran,” kata dia. (Antara) Sambut MTQ Nasional 2014: 17 Qari MTQ Kepri Pemantapan di Malaysia.

Comments