Skip to main content

MTQ Nasional 2014: Tepis Kesan Negatif Batam

MTQ Nasional 2014: Tepis Kesan Negatif Batam
MTQ Nasional 2014: Tepis Kesan Negatif Batam

MTQ Nasional 2014: Tepis Kesan Negatif Batam - tanjungpinangpos.co.id - BATAM – MTQ Nasional yang akan digelar di Batam, Juni 2014 mendatang, diperkirakan akan dihadiri sekitar 15 ribu sampai 20 ribu orang. Mereka merupakan delegasi kafilah dari seluruh provinsi se-Indonesia, yang akan hadir diacara MTQ nasional nanti.

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Senin (10/2), mengatakan momen MTQ akan menunjukkan, bahwa Batam tidak saja hanya mampu membangun kapal dan industri. Diharapkan juga bisa memberikan kesan positif, dengan meminimalisir atau menghilangkan kesan negatif tentang Batam.

“Kesan negatif yang muncul tentang Batam, dapat ditepis. Kita harus menjadi tuan rumah yang baik,” ujar Dahlan saat membuka MTQ Kecamatan Batu Aji.Pada kesempatan itu, Dahlan mengajak masyarakat untuk menyemarakkan MTQ tingkat nasional nanti. Dia juga sempat mempromosikan pembangunan sarana dan prasarana MTQ nasional di Batam Centre. Di antaranya Astaka yang dinilainya indah.  “Baru pertama  kali saya melihat astaka yang secantik ini,” kata Dahlan. Terkait MTQ Kecamatan Batuaji, Dahlan memberikan apresiasi. Karena tercipta silaturahmi antarwarga.

“Mudah-mudahan dengan kebersamaan, kita bisa membangun Batam menjadi sebuah kota yang baldatun toyyibatun ghafur, negeri yang indah, yang baik dan mendapat ampunan dari Allah SWT,” pungkas Dahlan.

Di tempat sama, Camat Batu Aji, Rinaldi M Pane mengatakan, ada 7 cabang yang dilombakan dalam MTQ tahun ini. Tartil, tilawah putra/putri, hafiz 1 juz, 5 juz, syarhil, fahmil serta kaligrafi. Sementara peserta MTQ berasal dari 4 kelurahan se-Kecamatan Batu Aji, yakni kelurahan Tanjunguncang, Bukit Tempayan, Kibing dan Kelurahan Buliang.

“Semoga MTQ ini mampu menghantarkan kafilah Kecamatan Batu Aji meraih kesuksesan di tingkat Kota Batam,” harapnya. (mbb) MTQ Nasional 2014: Tepis Kesan Negatif Batam - tanjungpinangpos.co.id -

MTQ Nasional 2014: Jadwal PPKI dan MTQ Sejalan tanjungpinangpos.co.id -

Pemprov Matangkan Persiapan dengan Menkokesra BATAM – Pemprov Kepri terus mematangkan konsep menyatukan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) dengan pelaksanaan MTQ Nasional di Batam. MTQ Nasional direncanakan akan digelar, tanggal 6-13 Juni. Sementara PPKI tidak ada perubahan jadwal dan tetap akan digelar, tanggal 6-10  Juni.
Direncanakan, dua hari waktu kosong PPKI sebelum MTQ, diisi pameran. Mematangkan konsep itu, Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo menyambangi Kemenko Kesra, Kamis (13/2). Dalam rapat yang dipimpin langsung Deputi V Menko Kesra Haswan Yunas, Wagub kembali menegaskan kesiapan Pemprov “mengawinkan” dua kegiatan itu.

“Pelaksanaan PPKI tidak akan mengganggu pelaksanaan MTQ. Kami telah melakukan zonanisasi wilayah dan tidak saling mengganggu,” kata Soerya.

Tak hanya soal zonanisasi, Pemprov Kepri juga mengusulkan agar PPKI akan diisi oleh produk-produk kreatif bernuansa Islam. Seperti pertunjukkan musik dan ekonomi kreatif bercorakkan Islam.
“Kami optimis, pelaksanaan MTQ dan PPKI dapat sejalan seperti harmoni dalam keberagaman,” kata Soerya lagi.

Sementara itu, Deputi V Menko Kesra Haswan Yunas mengatakan bahwa rencananya PPKI akan dilaksanakan, pada 6-10 Juni 2014 mendatang. Sedangkan pelaksanaan MTQ berlangsung pada 6-13 Juni 2013.

“Artinya akan ada kekosongan dua hari. Saya mengusulkan dua hari itu diisi dengan pameran, tentunya dengan mempertimbangkan anggaran juga,” singkatnya.

Untuk mensukseskan pelaksanaan tersebut, setidaknya 18 kementerian dan lembaga ikut serta dalam kegiatan ini. Sedangkan untuk tema, baik Pemprov Kepri dan Kementerian Kesra mengusulkan beberapa tema.

Adapun tema yang diusulkan diantara lain “Harmoni dalam Keberagaman”, ”Kreatifitas dalam Harmoni” dan lain sebagainya. Rapat kali ini, selain diikuti oleh Pemprov Kepri, juga dihadiri oleh Kemendagri, Kemenlu, Kominfo dan kementerian-kementerian lain yang terlibat. (mbb)  MTQ Nasional 2014: Jadwal PPKI dan MTQ Sejalan tanjungpinangpos.co.id -

MTQ Nasional 2014: Batam Harus Raih Juara Umum

Batam, Isukepri.com – Batam sebagai tuan rumah sekaligus panitia penyelenggara pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Juni mendatang harus optimis bisa meraih juara umum pada MTQ Nasional kali ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh H. Zulkifli Kepala Kementrian Agama kota Batam saat ditemui Isukepri.com, Senin (6/1).

“Batam harus optimis menang dengan menampilkan yang terbaik diajang MTQ nanti, maksimalkan potensi Batam,” kata Zulkifli.

Disinggung soal persiapan MTQ Nasional tersebut, Zulkifli mengungkapkan pembangunan Area lokasi MTQ di Alun-alun Engku Putri sekaligus pengamanannya saat ini sudah mencapai 80%. (CR01)  MTQ Nasional 2014: Batam Harus Raih Juara Umum

Comments