Skip to main content

MTQ Nasional: Insya Allah Siap Diselenggarakan di Batam

MTQ Nasional: Insya Allah Siap Diselenggarakan di Batam
MTQ Nasional: Insya Allah Siap Diselenggarakan di Batam
MTQ Nasional: Insya Allah Siap Diselenggarakan di Batam, TRIBUN - Agenda Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXV tingkat nasional akan digelar di Kota Batam. Rencananya, kegiatan akbar ini dimulai pada tanggal 6 Juni hingga 15 Juni 2014.

Selama setahun sebelum dilaksanakan kegiatan, masing-masing bidang sudah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya sesuai arahan Ketua Umum MTQ Nasional.

Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kemenag Kepri, Drs H Erman Zaruddin mengatakan, beberapa waktu lalu panitia sudah melakukan rapat koordinasi.
Di antaranya membahas anggaran, rencana kegiatan, dan susunan acara. Dalam rapat itu, sebut Erman, diikuti oleh seluruh panitia yang sudah ditetapkan oleh surat keputusan Gubernur Kepri, Drs H Muhammad Sani.

“Insya Allah sudah siap. Panitia dipimpin Ketua Umum MTQ Nasional XXV, DR H M Soeryo Respatino SH MH, sudah melakukan pembahasan-pembahasan dengan masing-masing bidang. Rinci dan detailnya akan saya sampaikan dalam waktu dekat ini,” ujar Drs H Erman Zaruddin, anggota tim panitia MTQ XXV Nasional, kepada Tribun, Minggu (5/1/2014). MTQ Nasional: Insya Allah Siap Diselenggarakan di Batam

Ormas Ingin Semarakkan Gelaran MTQ Nasional

BATAM, TRIBUN - Menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional tahun 2014 mendatang di Batam. Sejumlah organisasi maupun kelompok masyarakat di luar Batam mulai tertarik untuk ikut menyemarakkan kegiatan tersebut.

Tak tanggung-tanggung, mereka yang berminat untuk turut serta menyemarakan MTQ dengan aneka kegiatan pra even langsung mendatangi Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo yang notabenenya adalah ketua panitia MTQ Nasional 2014.

Soerya yang ikut menghadiri serah terima IPP lembaga penyiaran di GGI Hotel, Sabtu (7/12/2013) menjelaskan tak jarang kelompok masyarakat yang mendatanginya adalah masyarakat lintas agama, yang ingin turut serta mendukung kegiatan MTQ.

"Kemarin itu ada dari Jakarta datang, mereka salah satu yang ingin membantuk kita untuk pra even. Kebetulan mereka ini juga konsen dalam kegiatan MTQ.

Jadi mereka menawarkan untuk membuat even-even seperti silaturahmi antariman, atau kegiatan lain yang bertujuan menggaungkan MTQ nasional. Kegiatannya ini mereka usulkan dilaksanakan sebelum hari pelaksanaan MTQ," papar Soerya kepada Tribun Batam.

Sementara untuk kelompok masyarakat lintas agama, menurut Soerya tertarik untuk membantu dalam hal pemasangan spanduk-spanduk.

"Itu kayak yang datang dari teman-teman gereja. Jadi memang banyak sekali yang berminat untuk mensukseskan kegiatan ini," tambahnya.

Menyinggung soal kesiapan panitia dalam even tersebut, Soerya menjawab optimis bahwa hingga saat ini persiapan panitia sudah hampir 100 persen.

Ia bahkan menambahkan, untuk proses rasionalisasi anggaran pelaksanaan MTQ pun sudah kelar sejak dua bulan yang lalu. Melalui verifikasi tersebut, anggaran MTQ yang awalnya sangat fantastis mencapai Rp 181 miliar, sudah turun di bawah Rp 100 miliar.

"Sudah di verifikasi, sudah lama sih, sudah dua bulan lalu. Sekarang nggak sampai Rp 100 miliar. Dan itupun bukan dana yang langsung dihibahkan ke MTQ, tapi dalam bentuk pembangunan, perbaikan jalan menuju tempat pelaksanaan, dan banyak lagi," rinci Soerya. Ormas Ingin Semarakkan Gelaran MTQ Nasional http://batam.tribunnews.com




Comments