Skip to main content

MTQ Nasional: Lion Buka Rute dari Batam untuk MTQ

MTQ Nasional: Lion Buka Rute dari Batam untuk MTQ
MTQ Nasional: Lion Buka Rute dari Batam untuk MTQ
MTQ Nasional: Lion Buka Rute dari Batam untuk MTQ -investor.co.id- BATAM-Maskapai Lion Air berencana menambah sejumlah penerbangan dari Bandara Internasional Hang Nadim ke Denpasar, Lombok untuk menghadapi MTQ Nasional di Batam, pertengahan 2014.

"Rencananya sebelum MTQ, rute tersebut sudah dilayani Maskapai Lion Air langsung dari Batam," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Jumat.

Ia mengatakan, jalur tersebut merupakan bagian dari pengembangan penerbangan Lion Air setelah menjadikan Hang Nadim Batam sebagai penghubung (hub) pada akhir 2013.

Sebelum membuka penerbangan ke Bali dan Lombok, Lion Air terlebih dahulu membuka penerbangan langsung ke Balikpapan yang terhubung dengan Makassar, Palu, dan Manado.

"Seluruh penerbangan tersebut tanpa transit di Jakarta. Jadi lebih cepat dan lebih ekonomis dan akan memudahkan rombongan MTQ yang akan bertanding di Batam," kata dia kepada Antara.

Jalur ke dua wilayah tersebut, kata dia, juga untuk mengakomodasi wisatawan dari Batam yang akan ke Bali dan Lombok serta sebaliknya.

"Untuk Bandara Hang Nadim Batam sudah siap melayani rombongan MTQ di Batam. Kami juga menyiapkan ruang VVIP, kapasitas bandara sangat memadai," kata Djoko.

Sebelumnya, maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airlines akan menambah jumlah penerbangan ke Bandara Hang Nadim Batam saat pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-25 di Batam, pertengahan 2014.

"Kami sudah merencanakan, tapi masih melihat potensi yang ada, berapa kira-kira penambahannya dan penggunaan pesawat yang lebih besar," kata General Manager Garuda Indonesia untuk Batam Dewa Swastika di Batam.

Ia belum dapat memastikan jumlah penambahan penerbangan dan penggunaan pesawat ke Batam saat MTQ Nasional, meski sudah ada beberapa daerah yang memesan tiket untuk rombongan.

Biasanya, kata dia, ada pemerintah daerah yang menyewa satu pesawat milik Garuda untuk membawa khafilah MTQ provinsinya, jadi, tidak membeli tiket satu per satu.

"Biasanya daerah 'carter flight' ke Batam secara khusus, seperti Jatim satu pesawat, Jogya satu dan Balikpapan satu. Bisa empat sampai lima pesawat yang dicarter," kata dia.(*/hrb) MTQ Nasional: Lion Buka Rute dari Batam untuk MTQ

MTQ NASIONAL: PHRI Siapkan 12.000 Kamar

Batam (Antara) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Batam menyiapkan 12.000 kamar untuk peserta dan tamu Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional pada pertengahan 2014.

"Kami sudah identifikasi, sudah siap 12.000 kamar sesuai kebutuhan kegiatan dan peserta MTQ," kata Ketua PHRI Batam Hanafi, Jumat.

Jumlah itu termasuk tambahan dari beberapa hotel baru yang akan beroperasi mulai tahun 2014 yang diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada peserta dan tamu MTQ.
PHRI, kata dia, terus bebenah untuk menyiapkan pelayanan terbaik bagi kegiatan nasional itu. PHRI juga sepakat dengan imbauan Pemerintah Kota Batam yang meminta seluruh hotel menggunakan dekorasi islami pada pelaksanaan MTQ.

"Kami tidak keberatan dengan surat edaran itu, justru mendukungnya sebagai tambahan daya tarik," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Guntur Sakti meminta PHRI mendata jumlah kamar yang tersedia untuk pelaksanaan MTQ.

"Kebutuhannya sekitar 12.000 kamar. Tolong didata," kata dia.

Ia mengatakan sejak akhir tahun 2013, sudah banyak pejabat pemerintah provinsi lain yang menanyakan kesiapan hotel dan memesan kamar hotel, sebagai antisipasi kehabisan kamar. Maka PHRI diminta bekerja sama.

Guntur mengatakan MTQ Nasional 2014 di Batam akan menggairahkan perekonomian daerah karena memiliki dampak domino yang tinggi pada perdagangan dan jasa.
"Selain hotel, restoran, taksi, makanan, souvenir dan lain-lainnya juga akan semakin bergairah karena banyaknya tamu yang akan datang," kata dia.

Wakil walikota Batam Rudi turut mengundang wisatawan asal Malaysia unuk hadir dalam pelaksanaan MTQ Nasional di Batam pada 2014.

"Saya undang encik dan puan hadir tahun depan, meskipun ini agenda nasional Indonesia, tapi kesamaan budaya, sesama muslim, kami undang," kata dia.(rr)

 INILAH.COM, Batam - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menurut rencana bakal membuka langsung Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pemuda tingkat Nasional yang akan diadakan di Kota Batam. MTQ Pemuda ini digagas dan dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Pusat Forum Organisasi Kepemudaan (FOK).

Pelaksanaan MTQ Pemuda tingkat Nasional yang didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga ini akan diselenggarakan di Nagoya Citywalk Batam, mulai 26-29 April 2013 mendatang. Lomba kegiatan keagamaan ini akan diikuti sekitar 750 peserta yang merupakan utusan dari 62 OKP Keislaman dan Nasionalis, ditambah 120 utusan BEM Universitas Islam se Indonesia, 33 utusan OKP perwakilan provinsi se Indonesia, serta utusan LSM Pemuda se Jabodetabek.

Rencana pelaksanaan MTQ Pemuda tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Batam, ini disampaikan langsung oleh Ketua DPW Kepri Andi Kusuma, Selasa (29/1). Katanya, DPW Kepri ditunjuk untuk ikut mensukseskan MTQ tersebut.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan semua pihak, pada intinya semua mendukung," ujar Andi.

MTQ Nasional untuk kalangan pemuda antara usia 16-30 tahun tersebut, lanjut Andi, merupakan panggilan jiwa bagi FOK dalam memfasilitasi keinginan pemuda untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan agamanya. Kegiatan tersebut juga diisi dengan diskusi nilai-nilai Al Quran, serta Pameran Kemandirian.

Sekretaris Pelaksana Daerah DPW FOK Kepri, Ning Sulianti menambahkan bahwa pelaksanaan MTQ antar pemuda ini, sebagai upaya untuk membangun ukhwah Islamiyah dan juga menyatukan tekad untuk menjadikan Al Quran sebagai petunjuk dan panduan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita berharap pemuda pemuda memiliki karakter dan moralitas yang agamais, sehingga mampu memperbaiki moral bangsa," ungkapnya.

Sebagaimana hasil rapat terakhir panitia pelaksana, iven keagamaan bertaraf Nasional ini akan didukung oleh 80-an organisasi kepemudaan (OKP), organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan juga lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Perwakilan OKP Generasi Muda Penegak Aspirasi Rakyat (GM Kiara) Kepri, Sabaruddin mengatakan bahwa dirinya bersama anggotanya mendukung penuh kegiatan MTQ antar pemuda ini. Bahkan, ia menyerukan agar seluruh OKP, Ormas dan LSM dapat bergabung dalam mensukseskan kegiatan ini.

"Kita berharap semua OKP, Ormas dan LSM turut berperan aktif, salah satunya dengan mengirim surat ke Presiden tentang kesiapan Kepri sebagai panitia," ujar pria yang akrab disapa profesor ini.

Perwakilan FOK Kabupaten Kota diwakili oleh Ketua FOK Anambas, Nasrul juga mendukung penuh dan siap menurunkan seluruh kekuatan personilnya untuk memberikan kontribusikan pada acara ini.

Wujud kongkritnya, kata dia, siap menghadirkan seluruh anggotanya untuk turut hadir dan menampilkan produk unggulan daerah masing-masing.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua DPP FOK Kepri Muhammad Ikbal menyambut baik pelaksanaan MTQ antar pemuda ini dilaksanakan di Batam.

"Kita patut berbangga kalau FOK Kepri mendapat kepercayaan, karena kegiatan ini juga diharapkan mampu mendongkrak citra daerah sebagai pelopor terwujudnya pemuda agamais," ungkapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Edwar Bener SH, Sekjen DPW FOK Kepri. Ia sangat mengapresiasi Kepri sebagai tuan rumah dalam MTQ Nasional ini, dan memberikan apresiasi tersendiri kepada Andi Kusuma selaku Ketua DPW FOK Kepri yang juga sebagai penggagas acara.

"Ini gagasan cerdas, dan ini mencerminkan sikap nasionalis Andi Kusuma," kata Edwar.

Comments