Skip to main content

Kemenag Haji: Transportasi Lokal Jamaah Haji Terancam

Kemenag Haji: Transportasi Lokal Jamaah Haji Terancam
Lelang Rp 41,4 M Segera Ditutup, Tidak Ada Peminat

RELATED NEWS

    Pelunasan BPIH Tunggu Prerpres
    Kemenag Ambil Alih Umrah
    Kemenag Gratiskan Kain Ihram dan Mukena Bagi Jamaah Haji
    Pembimbing Haji KBIH Wajib Bersertifikat
    Keberadaan Badan Pengelola Dana Haji Kian Menguat
    12 Bandara Ditetapkan sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji 1435 H
    Tiga Bank Tampung Dana Haji
    Pemondokan Haji Paling Jauh 3,9 Km dari Masjidilharam
    Mulai 750 Meter Hingga 3.930 Meter dari Masjidilharam
    Calon Jamaah Diminta Rutin Cek Kesehatan

Kemenag Haji: Transportasi Lokal Jamaah Haji Terancam JAKARTA - Kesuksesan urusan pencairan pemondokan haji, tidak menjalar ke urusan transportasi lokal Arab Saudi. Calon jamaah haji terancam kesulitan transportasi lokal, karena sampai saat ini lelang tidak ada peminatnya.



Transportasi lokal ini penting, karena di antaranya membawa jamaah dari Jeddah ke Makkah, hingga ke Madinah dan Armina.
     
Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama Mochammad Jasin menuturkan, Rabu malam lalu (9/4) waktu Saudi, ia menggelar rapat konsolidasi dengan tim pemondokan, transportasi, dan katering. "Saya menerima langsung paparan dari tim yang ada di Saudi," ujar Jasin yang kemarin masih ada di Jeddah.
     
Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu menjelaskan, tim transportasi lokal sejatinya sudah membuka pengumuman tender sekitar sepekan terakhir. Tetapi nyatanya hingga menjelang penutupan masa lelang, tidak ada satupun perusahaan angkutan transportasi darat di Arab Saudi yang mengajukan lamaran.
     
"Solusi sementara ini adalah, masa lelang diperpanjang hingga seminggu lagi," papar dia. Jasin menuturkan, panitia lelang berharap dalam masa perpanjangan ini ada perusahaan transportasi yang mengajukan lamaran lelangnya.
Kemenag Haji: Transportasi Lokal Jamaah Haji Terancam     
Menurut Jasin tahun ini skema penyediaan transportasi lokal untuk jamaah haji di Saudi mengalami perubahan. Skema adalah, selama masa lelang ini tim transportasi dari Kemenag tidak proaktif merekrut perusahaan. Dengan cara ini, diharpakan bisa menghindari praktek percaloan.
     
Tetapi nyatanya sistem baru itu tidak berjalan mulus. Jasin mengatakan perusahaan transportasi berpandangan bahwa pemerintah Indonesia-lah yang butuh. Sehingga perusahaan transportasi (nakobah) tetap menunggu didatangi oleh tim pengadaan transportasi haji.
     
Jika hingga masa lelang ditutup nanti tetap tidak ada pelamar pengadaan transportasi, mau tidak mau tim dari Kemenag turun ke perusahaan-perusahaan transportasi. Meskipun begitu Jasin mengatakan perusahaan transportasi yang "dilamar" pemerintah itu harus memenuhi spesifikasi dan standar keselamatan penumpang.
     
Jasin mengatakan iklim industri transportasi di Saudi, tidak ada persaingan yang ketat. Sehingga mereka tidak terlalu berjibaku untuk sekedar memenangkan tender angkutan jamaah haji. Meskipun begitu, Jasin berharap dalam masa perpanjangan ini ada banyak perusahaan transportasi darat yang berkaulitas mendaftarkan diri di lelang itu.
     
Dia menuturkan biaya pokok untuk transportasi lokal adalah sekitar 90 riyal per jamaah (sekitar Rp 273 ribu). Dengan perkiraan jumlah jamaah haji mencapai 152 ribu orang, maka nilai tender pengadaan transportasi lokal jamaah mencapai Rp 41,4 miliar.
     
Sementara itu, untuk urusan pengadaan katering, Jasin mengatakan belum dibuka masa lelangnya. Jasin berharap ada perusahaan katering yang bersedia melamar dalam lelang ini. Unit cost katering ini adalah 12 riyal per jamaah (sekitar Rp 36 ribu). Dengan jumlah jamaah mencapai 152 ribu orang, maka nilai total tender katering sekitar Rp 5,4 miliar. (wan/ca) Kemenag Haji: Transportasi Lokal Jamaah Haji Terancam

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…