Skip to main content

Kemenag Papua Barat: MTQ V Manokwari LPTQ Harus Lakukan Pembinaan Secara Berkesinambungan

Kemenag Papua Barat: MTQ V Manokwari LPTQ Harus Lakukan Pembinaan Secara Berkesinambungan

Manokwari_(Inmas,28/3), Musabaqah Tilawat Al-Qur’an (MTQ) merupakan agenda tetap nasional yang di selenggarakan dua tahun sekali mulai dari tingkat Kecamatan bahkan sampai ke tingkat Inter Nasional, Oleh karena itu Lembaga Pengembangan Tilawat Al-Qur’an (LPTQ) Manokwari menyelenggarakan MTQ tingkat Kabupaten yang berlangsung pada tanggal 28 /d 30 Maret 2014 guna mempersiapkan kader-kadernya untuk berlomba di tingkat Prov. Papua Barat yang rencananya akan dilaksanakan di Kab. Raja Ampat usai pesta demokrasi nanti.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan MTQ V Kab. Manokwari di Gedung Rekreasi Fasarkan TNI AL, Ketua LPTQ Manokwari H. AL-Jabar Makatita, M.Si menyampaikan, jika pada MTQ Provinsi sebelumnya kafilah Kab. Manokwari tidak dapat mempertahankan prestasi yang di raih pada MTQ Prov. Papua Barat yang pertama, sebagai introfeksi bagi kita boleh jadi kafilah lain yang memang lebih matang persiapannya, atau mungkin dari kafilah kita yang memang mengalami kemunduran dalam mempersiapkan kader-kader kita. Untuk itu, Al-Jabar menyampaikan harapannya kepada para pengasuh Pondon Pesantren dan TPA/TPQ, bahwa inilah saatnya kita memberikan peluang kepada anak-anak didik kita untuk mengekspresikan hasil belajarnya dan kita jadikan mereka kader yang terbaik, yang nantinya akan mewakili kafilah dari Kab. Manokwari menuju MTQ Provinsi.
Kemenag Papua Barat: MTQ V Manokwari LPTQ Harus Lakukan Pembinaan Secara Berkesinambungan
Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Manokwari Drs. Sudirman Simanihuruk, M.Th menyampaikan bahwa MTQ ini jangan hanya dijadikan sebagai acara ceremonial saja, tapi harus ada pembinaan secara berkesinambungan kepada umat atau kader-kadernya pasca MTQ guna lebih mempersiapkan diri untuk MTQ berikutnya agar kita benar-benar dapat mencapai maksud dan tujuan.

Sebelum membuka acara secara resmi, Bupati Manokwari DR. Bastian Salabai, M.Si menyampaikan, sebagaimana tema MTQ kali ini “ Aktualisasi nilai-nilai universal Al-Qur’an, untuk pencerahan kehidupan berbangsa dan bernegara yang rukun dan damai”, maka sudah jelas bagi kita selaku umat Islam bahwa nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur’an adalah universal yang harus di implementasikan di tengah kehidupan kita, guna menciptakan kerukunan, kedamaian dan keharmonisan bagi umat beragama khususnya di Kota Manokwari.

Oleh karena itu, Bupati mengajak kepada semua pihak khususnya umat Islam dan LPTQ untuk secara terus menerus melakukan pembinaan pemahaman, mendalami dan menghayati isi kandungan Al-Qur’an serta dapat di amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai penuntun umat untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat, dan marilah kita jadikan MTQ ini sebagai tolak ukur penilaian sejauh mana keberhasilan kita dalam membina generasi umat Islam yang Qur’ani. __________(liem) Kemenag Papua Barat: MTQ V Manokwari LPTQ Harus Lakukan Pembinaan Secara Berkesinambungan

Comments